Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan mengapresiasi jajaran Polresta Depok terkait penangkapan napi yang membawa kabur mobil Kejaksaan Negeri (Kejari).

"Ya bagus itu namanya wujud dari Polresta Depok untuk menyiapkan semua kemungkinan yang terjadi. Polresta Depok harus kita acungkan jempol," ujar Iriawan di Mapolresta Depok, Jalan Raya Margonda, Depok, Jumat (23/6).

Menurutnya jajaran Polresta Depok sigap dalam menjaga keamanan wilayahnya. Ini wujud kepekaan polisi. "Ini karena di Depok ada keamanan di semua tempat ada Pospam dan sebagainya dan kepekaan dari Polresta Depok yang sangat baik," kata Iriawan.

Diberitakan sebelumnya seorang narapidana bernama Ari Wicaksono membajak mobil tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok. Napi tersebut akhirnya berhasil diamankan oleh polisi setelah menabrak sejumlah kendaraan di depannya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono menjelaskan, peristiwa tersebut bermula pada Kamis (22/6) sekitar pukul 15.30 WIB. Kala itu petugas piket, Bripka Ari Mardyanti mendapat laporan tentang adanya pencuri di mobil yang melintas di Jalan Juanda, Depok.

Dia pun segera meluncur ke lokasi dan menghubungi petugas piket di pos pantau Juanda. Briptu Yuana selaku petugas piket Juanda mengaku mendapat laporan terkait adanya mobil kejaksaan dengan lampu rotator dan sirine yang menyala dikemudikan dengan melawan arus di Jalan Juanda.

Mobil itu juga menabrak mobil dan motor yang ada di sekitarnya. Briptu Yuana kemudian menghadang mobil tersebut namun pengendara mobil membanting setir ke arah kanan yang menyebabkannya terhenti setelah menyerempet dan menabrak mobil lain.

Petugas bersama warga selanjutnya mengevakuasi napi tersebut dari mobil. Warga sempat marah dengan napi yang menabrak sejumlah kendaraan namun pihak kepolisian berhasil mengamankan dan membawanya ke Polres Depok.

"Selanjutnya petugas Polresta Depok berhasil mengevakuasi pengendara tersebut ke mobil patroli Sabhara Polsek Sukmajaya yang telah tiba di TKP untuk selanjutnya dibawa ke Mapolresta Depok," ujar Argo, dalam keterangannya, Jumat (23/6).

Saat ini pelaku telah diamankan di Mapolresta Depok. Polisi juga mengamankan mobil dinas Kejari Depok. (dtc/mfb)

BACA JUGA: