Polisi memastikan ajudan Setya Novanto, tidak mengetahui apa-apa soal kasus korupsi e-KTP. Dia mengatakan, ajudan hanya bertugas menemani Novanto layaknya ajudan pada umumnya.

"Oh enggak, memang dia ajudan ya? Ajudan menemani saja, enggak ada urusan apa-apa. Enggak ada keterkaitan apa apa," ucap Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Rikwanto, saat diwawancara di di Gedung Graha Adya Wicaksana, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Minggu (19/11).

Rikwanto menambahkan, ajudan Novanto tidak ada urusan apa-apa. Dia menambahkan, ajudan tersebut juga sudah diperiksa oleh Propam.

"Sebatas yang dia ketahui saja ajudan ya menemani saja. tidak ada urusan dengan yang lain," ucapnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, ajudan tersebut diperiksa Propam Mabes Polri berkaitan dengan kecelakaan yang dialami oleh Ketua DPR RI tersebut.

Argo memastikan anggota tersebut sudah dimintai keterangan di Mabes Polri. Hanya saja, Argo belum mengetahui siapa identitas anggota Polri yang menjadi ajudan Setnov itu.

"Semua pasti kita lakukan (pemeriksaan). Itu (ajudan Setnov) sudah dimintai keterangan di Mabes Polri," kata Argo, Jumat (17/11).

Sebelumnya Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri Inspektur Jenderal Martuani Sormin Siregar mengatakan identitas ajudan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto adalah Ajun Komisaris Reza. "Reza adalah anggota Polri, berpangkat AKP," ujarnya Jumat, 17 November 2017.

Reza diperiksa tim Propam Mabes Polri. Ia dimintai keterangan mengenai kejadian kecelakaan lalu lintas yang menimpa Setya pada Kamis malam, 16 November 2017.

Menurut Martuani, Reza membenarkan kecelakaan tersebut sungguh terjadi. Berdasarkan keterangan dari Reza, ajudan Ketua DPR itu mengaku berada dalam satu mobil yang sama dengan Setya.

Setya mengalami kecelakaan ketika menumpangi mobil Toyota Fortuner hitam berpelat B-1732-ZLO, yang dikendarai jurnalis Metro TV, Hilman Mattauch, pada Kamis pukul 18.30. Mobil menaiki trotoar hingga menabrak pohon dan tiang listrik. Penyebabnya, pengemudi kehilangan konsentrasi akibat menggunakan telepon seluler saat menyetir.

Selain dinaiki Hilman dan Setya, saat itu mobil tersebut juga ditumpangi pria bernama Reza, yang duduk di samping pengemudi.

Akibat kecelakaan tersebut, Setya Novanto dikabarkan mengalami cedera di bagian kepala. Setya kini berada di Rumah Sakit Cipto MAngunkusumo setelah sempat dirawat di ruang VIP Rumah Sakit Medika Permata Hijau. (dtc/mfb)

BACA JUGA: