JAKARTA, GRESNEWS.COM - Sebuah pabrik petasan di Kosambi, Tangerang meledak  pagi tadi Kamis (26/10). Peristiwa itu mengakibatkan puluhan orang mengalami luka dan menewaskan 47 orang. Peristiwa mengerikan ini jadi sorotan media-media internasional.

"Sementara sudah 47 orang jenazah yang sudah ditemukan ya," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis.

Diketahui pabrik petasan itu memang mempekerjakan 103 orang. Sejauh ini, data korban meninggal mencapai 47 orang tewas dan 46 orang lainnya mengalami luka-luka. Pabrik tersebut diketahui milik PT Panca Buana Cahaya Sukses, yang berlokasi di Kosambi, Teluk Naga, Kabupaten Tangerang.  Pemilik Indra Liono (40), saat peristwa itu terjadi diketahui ia tengah berada di Malaysia.

Polisi pun menyerikan kepada warga yang merasa keluarganya bekerja di pabrik tersebut untuk mendatangi RS Polri Kramat Jati dengan membawa data-data. Disebutkan polisi jenazah korban tewas dalam kondisi mengenaskan hingga susah dikenali. Sehingga polisi membutuhkan ciri-ciri korban, setidaknya dibutuhkan data gigi korban.

"Kemudian kalau pernah dirawat gigi, bisa dibawa data giginya, dan ketiga dengan pengecekan dan identifikasi korban," ujar Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta.

Dijelaskan Nico, dari gambaran sementara sementara pabrik petasan, terbakar dari depan kemudian menjalar ke belakang. Menurutnya sebagian korban ditemukan dalam kondisi bertumpukan di belakang. "Diduga mereka menghindari api sehingga menumpuk," ujarnya.

Menurutnya sementara ini penyebab kebakaran masih dilakukan penyelidikan.  "Kami bentuk tim gabungan Ditreskrimum Polda Metro Jaya dan Polres Tangerang Kota untuk melakukan penyelidikan sebab kebakaran dan bagaimana kok menyebabkan korban begitu banyak serta aspek lainnya," ujarnya

Banyaknya korban yang tewas dalam peristiwa menjadikan peristiwa kebakaran pabrik kembang api itu menjadi sorotan media asing. Beberapa media sing seperti Reuters mengakat peristiwa itu dengan tajuk ´Indonesia fireworks factory explosions kill at least 23, injure dozens: Pemberitaan Reuters ini pun dilansir oleh media-media lain di antaranya Malay Online dan RTE. AFP memberitakan ´Indonesia fireworks factory blaze kills 46, injures dozens´ dan pemberitaan ini juga dilansir media-media lain.

Sedang CNN mengangkat judul ´At least 26 killed in Indonesia fireworks factory explosion´. Media Australia seperti news.com.au juga memberitakan ledakan ini, dengan judul ´Indonesia fireworks blast toll rises to 47´. Sementara BBC menulis dengan judul ´Many dead in Indonesia fireworks factory explosion´. Sementara The Guardian mengambil judul ´Indonesia fireworks factory explosions kill at least 47 people´. (dtc/rm)

BACA JUGA: