PKB menggelar Rakornas Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) untuk menghadapi Pemilu 2019 nanti. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan saat ini partainya masih berada di posisi kelima dan menargetkan posisi tiga besar di 2019.

"Kami optimis peringkat 3 atau 2 bisa tercapai," kata Muhaimin yang akrab disapa Cak Imin di kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Menteng, Jakarta Pusat (29/4).

Ia mengatakan, ada 3 langkah yang dapat dilakukan PKB untuk mewujudkan hal itu. Pada Mei 2017 ini, PKB akan membuka rekrutmen calon legislatif. Dan PKB yakin kadernya yang sudah duduk di DPR RI akan kembali mendulang suara.

"Apalagi kita masih optimis, yang menduduki anggota DPR RI nanti adalah suara yang terbanyak. Jadi siapapun bisa ikut bertanding secara terbuka di PKB. Agama, suku, golongan, ras apapun bisa masuk," ujarnya.

Langkah kedua menurut Cak Imin adalah dengan menggerakkan struktur pengurus yang ada di tingkat desa ke bawah untuk menjadi mesin partai. Dia mengatakan akan membentuk koordinator RT (korte) di seluruh Indonesia.

"Selain caleg tadi, mesin partai yaitu struktur pengurus yang bergerak di bawah dari desa ke desa akan jadi penopang kemenangan. Mesin partai harus sampai tingkat RT," ucapnya.

Dia mengatakan, untuk di wilayah Jawa hal tersebut tidak jadi masalah. PKB akan menggenjot untuk wilayah di luar Jawa. Karena pada 2019 digelar pemilihan legislatif dan pemilihan presiden secara serentak, maka PKB juga mempertimbangkan calon presiden yang dapat mendongkrak elektabilitas partai.

Namun Cak Imin belum menyebut siapa capres yang akan diusung oleh PKB. "Karena pilpres dan pileg bersamaan, kami akan sangat hati-hati dalam menentukan capres. Capres harus mutlak menambah elektabilitas partai," sebut dia.

Lewat usaha tersebut, Cak Imin berharap PKB dapat masuk ke dalam jajaran parpol level atas. Dan hal ini menjadi pekerjaan rumah yang harus dirumuskan di Rakornas LPP kali ini.

"Dari rakornas ini, PKB harus hadir di tataran atas. PDIP, Golkar, Gerindra ini yang paling tinggi, jadi PKB bukan hanya terbesar di level menengah tapi juga masuk di tataran level pertama," tuturnya.

Cak Imin berharap, dengan mendapatkan posisi tersebut, PKB juga menjadi kemenangan rakyat Indonesia. Menurutnya PKB harus mengimplementasikan visi dari partainya agar kebijakan yang dibuat pemerintah berpihak pada rakyat. (dtc/mfb)

BACA JUGA: