JAKARTA, GRESNEWS.COM - DPR berharap Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dapat mengawal lalu lintas dunia maya Tanah Air. BSSN juga dituntut melaksanakan keamanan siber secara efektif dan efisien ditengah semakin majunya perkembangan teknologi informasi dewasa ini.

"Kita memang memerlukan semacam lembaga yang secara komprehensif dan integratif mengawal proses lalu lintas di dunia maya. Itu yang menjadi semangat lahirnya BSSN," ujar Anggota Komisi I DPR RI Andreas Hugo Pareira, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (18/10).

BSSN yang dibentuk belum lama telah ditetapkan menjadi mitra kerja Komisi I DPR. BSSN saat ini diharapkan segera membentuk struktur kerjanya, sehingga dapat segera bekerja untuk mengawal proses lalu lintas informasi dunia maya.

Terkait pengisian sumber daya manusia di BSSN, menurut politisi F-PDI Perjuangan akan diambil dari Lemsaneg dan Kominfo. Namun orang-orang yang mengisi BSSN adalah SDM yang memahami informasi dan teknologi dan memiliki kemampuan untuk mengelola BSSN.

“Dari Lemsaneg dan Kominfo yang digeser ke BSSN, diharapkan efektif menjadi koordinator dan pengawalan dunia maya. Dan kasus yang berkaitan dengan kriminalitas, bisa kerjasama dengan kepolisian," tutur politisi dari dapil NTT itu, seperti dikutip dpr.go.id. (rm)

BACA JUGA: