Mulai pukul 18.00 WIB jalan darurat atau tol fungsional jalur Brebes-Kendal akan ditutup. Minimnya penerangan di jalur yang alternatif di Jawa Tengah menjadi salah satu alasan.

"Atas persetujuan kakorlantas, (jalan darurat) hanya berfungsi siang hari, malam kita tutup. Nanti malam, pukul 18.00 WIB sudah tutup. Mulai dibuka pukul 06.00 WIB," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat di exit tol Gringsing, Jawa Tengah, Rabu (21/6).

Budi menambahkan bila terpaksa jalur darurat itu tetap akan dibuka pada malam hari. Dengan catatan jika jalur Pantura dan tol Brebes Exit (Brexit) macet.

"Kecuali Pantura macet berat maka jalan ini kita fungsikan terbatas. Supaya pemudik tahu persis siang hari bisa dilalui, dan malam ditutup. Kalau Brexit macet kita buka. Kalau buka pun konservatif," jelas Budi.

Budi menjelaskan alasan penutupan jalur tersebut karena kondisi jalan bergelombang dan minim penerangan jalan. Waktu penutupan nanti malam, kata Budi, akan digunakan untuk perbaikan dari pihak pengembang.

"Tadi kan waktu naik jembatan ada daerah tidak rata, tidak ada pagar, berisiko. Kemarin sudah ada 3 kecelakaan karena ngantuk. Malam ngantuk, lelah, tidak ada penerangan," tutur Budi. (dtc/mfb)

BACA JUGA: