PGN Kembangan Jargas Hingga 10.321 Rumah di Bandar Lampung

Kamis, 20 Juli 2017, 17:02:13 WIB - Peristiwa

Jaringan gas ke rumah tangga. (ANTARA)


JAKARTA, GRESNEWS. COM - Setelah Kota Batam dan Dumai PT Perusahaan Gas Negara (Persero) juga mengembangkan jaringan gas kota di Bandar Lampung. Sebanyak 10.321 sambungan rumah tangga di Bandar Lampung akan tersambung dengan jaringan gas (jargas). Pembangunan jargas untuk rumah tangga dilakukan agar manfaat energi baik dari gas bumi bisa semakin luas dirasakan masyarakat.

Direktur Utama PGN, Jobi Triananda Hasjim, mengatakan jaringan gas kota 10.321 untuk rumah tangga di Bandar Lampung itu ditargetkan tersambung secara seluruhnya pada akhir 2017. Saat itu juga, masyarakat juga dapat langsung memanfaatkan gas bumi tersebut.

"Kita harapkan akhir tahun ini (2017) 10.321 sudah bisa tercapai," kata Jobi di Bandar Lampung, Lampung, Kamis (20/7).

Kepala PGN Lampung, Wendi Purwanto, juga menuturkan saat ini telah ada sekitar 3.000 rumah yang telah tersambung jaringan gas di Bandar Lampung. PGN membangun jaringan tersebut sepanjang 190 kilometer.



"Untuk di Bandar lampung itu sudah ada yang terpasang sekitar 3.000 sambungan. Untuk yang jalur distribusinya sudah sekitar 5 km, dari 190 km," jelas Wendi.

Menurutnya untuk instalasi ke rumah tangga sekarang sudah 30% . Seminggu rata-rata 2.000 instalasi rumah tangga, "Kalau untuk sambungan distribusi sehari rata-rata 3 km. Insya Allah bisa tercapai semuanya tahun ini," ujarnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, gas tersebut dipasok dari dua sumber, yakni dari Sumatera Selatan dan Liquefied Natural Gas (LNG). Untuk dapat memenuhi 10.321 sambungan rumah tangga tersebut, PGN menyalurkan gas hingga 0,2 MMBTU.

"Sangat kecil dibandingkan dengan pemakaian industri. Mungkin 10 ribu rumah tangga itu untuk satu industri," tuturnya. (rm)

Komentar