JAKARTA, GRESNEWS.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengaku telah menelepon Menlu AS Rex Tillerson untuk membahas ketegangan di Masjid Al-Aqsa. Seperti diketahui sedikitnya 3 warga Palestina dilaporkan tewas dan 50 luka-luka akibat bentrokan dengan tentara Israel di sekitar Masjid Al-Aqsa, Yerussalem. Bentrokan ini menyusul adanya pembatasan ibadah di Masjid Al-Aqsa oleh pihak Israel.

Indonesia menyatakan mengecam tindakan Israel tersebut. "Saya telah meminta Rex Tillerson untuk menekan Israel agar menghentikan kekerasan, self restrain (menahan diri) harus dilakukan," kata Retno, Minggu (23/7).

Retno mengaku telah menyampaikan kepada Tillerson mengenai posisi Indonesia atas insiden di Masjid Al-Aqsa. Sebelumnya Presiden RI Jokowi telah menyampaikan kecamannya atas kebijakan Israel yang membatasi ibadah di masjid yang bersejarah bagi umat Islam itu.

"Saya juga tekankan bahwa isu ini sangat sensitif bagi umat Islam karena Al-Aqsa adalah tempat suci dan tempat ibadah yang sangat dihormati oleh umat Islam," tandas Retno.

Menanggapi desakan itu, Tillerson menyampaikan bahwa pihaknya telah menghubungi Yordania terkait situasi ini. Tillerson juga menyampaikan tentang pentingnya mempertahankan status quo.

"Tillerson sangat berterima kasih atas peran aktif Indonesia dan perspektif yang diberikan Indonesia akan sangat bermanfaat bagi AS," ujar Retno. (dtc/rm)

BACA JUGA: