Nasib Poros Jakarta terancam bubar setelah Partai Demokrat resmi mendukung pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. Poros Jakarta ini terdiri dari koalisi PAN, Gerindra, dan PKS. Awalnya koalisi tiga partai itu akan mengusung Emil Dardak sebagai Calon Gubernur Jatim di Pilgub Jatim 2018.

Langkah Khofifah menggandeng Emil membuyarkan impian dari Poros Jakarta yang membawa spirit kemenangan Pilgub DKI Jakarta, Anies Bawesdan-Sandiaga Uno.

Pengurus PAN Jawa Timur Agus Maimun mengatakan partainya belum menentukan sikap, karena masih menunggu instruksi dari DPP PAN. "Saya akan konfirmasi ke Jakarta, bagaimana sikap PAN di Pilgub Jatim ini," kata Agus Maimun, Bendahara DPW PAN Jatim, Selasa (21/11).

Bahkan isunya PAN juga telah merapat ke Khofifah, setelah Bupati Trenggalek itu menemui Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan.

"Apakah ke Khofifah atau tetap membikin poros baru ke depannya, saya belum bisa berkomentar," tutur Ketua Fraksi PAN DPRD Jatim ini.

Seblumnya Partai Demokrat (PD) telah membuat keputusan final soal Pilgub Jatim 2018 dengan mengusung duet Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. Keputusan itu tercermin dari foto penyerahan map yang diduga berisi surat rekomendasi kepada Khofifah dan Emil. Foto yang beredar memperlihatkan Ketua DPD PD Jatim Soekarwo bersama Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu di perpustakaan di kediaman SBY di Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

Foto itu memperlihatkan SBY, Soekarwo, Khofifah, dan Emil berpose bersama. Khofifah dan Emil memegang map berlambang bendera PD. Keempatnya tersenyum.

Sekretaris DPD PD Jatim Renvile Antonio mengatakan kalau DPP PD sudah memutuskan mengusung Khofifah-Emil, maka itu sesuai dengan rekomendasi DPD PD Jatim. Emil memang disepakati oleh DPC-DPC PD se-Jatim.

"Karena Mas Emil salah satu nama bakal calon wakil gubernur yang kita usulkan untuk mendampingi Ibu Khofifah," ujar Renvile.

Dikonfirmasi ke DPP PD, Ketua DPP Bidang Komunikasi PD Imelda Sari membenarkan ada pembahasan soal Pilkada 2018 di Cikeas hari ini. Namun dia tak menjawab gamblang soal foto SBY, Soekarwo, Khofifah, dan Emil.

"Ya benar hari ini ada Majelis Tinggi Partai bersidang di Cikeas untuk 17 pilgub," ujar Imelda.

Staf Ahli Khofifah, Ari Kusuma, juga membenarkan soal pertemuan dengan PD di Cikeas siang ini. Namun dia mengaku belum tahu soal foto tersebut.

"Saya belum cek itu foto kapan, tapi saya dengar memang ada rencana pertemuan tadi siang, yang lainnya saya belum dapat detailnya," ujar Ari.

PD bersama Hanura, NasDem, Golkar dan PPP berkoalisi mengusung Khofifah. Ada tarik menarik bakal cawagub untuk Khofifah di antara 5 parpol tersebut. NasDem menyorongkan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni. Sementara PPP memberi sinyal dukungan untuk Emil. Ada juga Tim 17 yang berisi para kiai dan nyai yang masih menggodok bakal cawagub untuk Khofifah. (dtc/mfb)

BACA JUGA: