JAKARTA, GRESNEWS.COM - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam Wiranto menyatakan pemerintah  memutuskan pembentukan Detasemen Khusus Tipikor ditunda. Pemerintah menilai perlu ada kajian lebih lanjut terkait pembentukan densus yang digagas Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Komisi III DPR.

"Maka diputuskan bahwa pembentukan Densus Tipikor untuk sementara ditunda, untuk kemudian dilakukan pendalaman lebih jauh lagi," ujar  Wiranto, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (24/10).

Keputusan itu disampaikan Wiranto setelah mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Hadir dalam Ratas tersebut pimpinan KPK Agus Rahardjo dan Laode M Syarif.

Menurut Wiranto, yang dibutuhkan bangsa saat ini adalah penguatan lembaga yang sudah ada, terutama KPK. Untuk itu, dia meminta wacana tentang Densus Tipikor tak perlu diperpanjang lagi.

"Sekarang ini yang kita utamakan adalah memperkuat lembaga-lembaga yang sudah ada, terutama KPK," ujar Wiranto.

Ia meminta isu dan polemik tentang pembentukan Densus Tipikor untuk saat ini dihentikan "Nggak usah kita perpanjang lagi isu mengenai Densus Tipikor ini," tegas Wiranto menegaskan. (dtc/rm)

BACA JUGA: