Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali mengalami erupsi. Bahkan sepanjang hari ini sudah tiga kali terjadi erupsi. Pemerintah pun menghimbau Warga untuk waspada, terutama mereka yang berada di dekat aliran sungai.

"Erupsi ada tiga kali hari ini. Erupsi terjadi pada pukul 03.36 WIB, 06.46 WIB, dan 09.47 WIB," kata petugas pos pengamat Gunung Sinabung, Armen, Sabtu (20/5).

Erupsi dengan intesitas tinggi terjadi pukul 06.46 WIB dengan hingga ketinggian abu mencapai 4.000 meter. Disebutkannya erupsi kali ini tidak disertai guguran awan panas.

"Abu mengarah ke timur-tenggara. Masih berpotensi erupsi," ujarnya.

Akibatnya Gunung Sinabung dinyatakan masih berstatus awas. Warga diimbau menjauhi zona merah serta memakai masker jika terjadi erupsi. Ia juga menghimbau warga jika terjadi hujan untuk menjauhi aliran sungai, terutama aliran lahar.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan ancaman bahaya lahar atau banjir bandang berpotensi terjadi setelah erupsi pagi tadi.

Ia mneghibau Masyarakat sekitar yang beraktivitas di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung diminta tetap waspada terhadap ancaman bahaya lahar. Mengingat telah terbentuk bendungan alam di hulu Sungai Laborus.(dtc/rm)

BACA JUGA: