JAKARTA, GRESNEWS.COM - Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan agar pemerintah diberi kesempatan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya hingga lima tahun mendatang. Pesan itu disampai SBY  menanggapi tiga tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Marilah kita beri kesempatan dan dukungan kepada pemerintah untuk melanjutkan dan merampungkan tugas-tugasnya. Kami tahu banyak sasaran yang harus diwujudkan," ujar SBY dalam video yang diunggah di akun Suara Demokrat, Sabtu (21/10).

Melalui tayangan video itu, SBY mengatakan, selama tiga tahun pemerintahan Jokowi, banyak yang telah dicapai, namun tidak sedikit pula yang masih harus dilakukan. Presiden RI ke-6 itu berpesan agar Jokowi selalu waspada dan tetap fokus menjalankan tugasnya.

"Sebagaimana masa presiden dan pemerintahan sebelumnya, jika ada yang mengatakan bahwa pemerintahan ini telah gagal dan tidak ada satu pun yang dihasilkan, menurut saya, tidak fair dan tidak legawa. Sebaliknya, jika ada yang mengatakan bahwa pemerintahan ini selalu sukses dan tidak ada yang kurang, menurut saya, tidak jujur," kata SBY yang didampingi Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan dan Bendahara Umum Indrawati Sukadis.

SBY mengatakan, Partai Demokrat optimistis pemerintah bisa merampungkan tugas hingga berakhir masa jabatan dua tahun mendatang. Dengan catatan pemerintah tetap fokus pada prioritas dan kebutuhan rakyat.

"Kami yakin jika pemerintah tetap fokus dan tetap memprioritaskan  upaya memenuhi harapan dan kebutuhan rakyat, akan banyak yang bisa dilakukan di masa dua tahun mendatang," ujarnya.

Disebutkan SBY, bahwa Demokrat berharap Jokowi bisa menjaga kerukunan bangsa. Demokrat juga berharap Jokowi bisa mengayomi semua lapisan masyarakat.

"Satu saja harapan Partai Demokrat, kiranya Presiden Jokowi beserta jajaran pemerintahannya sungguh menjaga bangsa ini tetap rukun, dan bersatu, dan tidak terpolarisasi, atau terbelah oleh alasan apa pun, termasuk karena perbedaan identitas. Diharapkan pemerintah makin adil dan bisa mengayomi semuanya," pesannya.

SBY pun mengucapkan selamat bertugas untuk Jokowi dan seluruh jajaran pemerintahannya. "Terakhir, selamat bertugas kepada Presiden Jokowi dan semua yang mengemban amanah. Semoga senantiasa sukses," pungkasnya. (dtc/rm)

BACA JUGA: