Petugas Bandara Soekarno-Hatta menangkap rapper Iwa Kusuma alias Iwa K karena membawa rokok diduga ganja. Petugas awalnya curiga dengan bentuk rokok yang diduga ganja saat petugas melakukan pemeriksaan badan secara manual (body searching).

"Ada kotak rokok yang belum dikeluarkan, kita suruh keluarkan. Karena kita curiga, maka kotak rokok dibuka, ternyata ada tiga batang rokok seperti Dji Sam Soe," ujar Security Rescue and Fire Senior Manager Bandara Soetta, Tommy Hadi Bawono, Sabtu (29/4).

Namun ketiga rokok tersebut menurut Tommy punya bentuk berbeda pada bagian ujungnya. Bentuknya menyerupai lintingan ganja. "Di situ anggota kami curiga," sebutnya.

Iwa K lantas dibawa ke kantor sekuriti terminal 1B. Petugas kemudian membuka tiga batang rokok yang dibawa. "Isinya warna hijau diduga ganja oleh teman-teman karena bukan kewenangan sekuriti maka kita panggil kepolisian dan diduga ganja akhirnya kita serahkan ke Polres Bandara," kata Tommy.

Iwa K sudah mengaku rokok diduga ganja yang dibawa adalah miliknya. Dari pengakuan itu, polisi mengejar penyuplai ganja tersebut.

Kasat Narkoba Polres Bandara Soekarno-Hatta Kompol Martua Raja Silitonga menyebut ketiga rokok diduga ganja sedang diperiksa Puslabfor Polri untuk memastikan ada-tidaknya kandungan zat tetrahidrokanabinol (THC).

Sedangkan dari hasil tes, urine Iwa K dinyatakan positif mengandung tetrahidrokanabinol (THC), zat narkotika pada ganja. Sementara teman Iwa K yang ikut diamankan petugas, negatif kandungan THC berdasarkan tes urine.

"Sementara ini yang bersangkutan Iwa K kita sudah lakukan pengujian tes urine melalui rumah sakit, bahwa yang bersangkutan positif mengandung THC urinenya. Urinenya Iwa K positif mengandung THC," ujar Martua secara terpisah. (dtc/mfb)

BACA JUGA: