Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Waiheru Ambon pada Rabu (27/4) tampak semarak. Puluhan orang melakukan panen perdana ikan kerapu dan kakap putih yang dibudidayakan dengan keramba jaring apung di SUPMM Waiheru binaan Kodam XVI/Pattimura.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo yang hadir dalam acara tersebut mengapresiasi Jefri (PNS di Kodam XVI yang ditunjuk menjadi koordinator budidaya ikan) dan kelompoknya. Mereka dinilai berhasil melakukan panen perdana dalam upaya untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Tercatat 103 lobang keramba jaring apung yang dimiliki kelompok masyarakat dan anggota TNI Polri di SUPM Waiheru. Ada berbagai jenis ikan dan udang yang dibudidayakan ditempat tersebut. Ikan Kerapu Cantang, Kakap Putih dan Bubara menjadi favorit para pembudidaya.

Menurut Jefri, ada beberapa alasan kenapa mereka lebih memilih jenis ikan tersebut diantaranya daya tahan terhadap penyakit sehingga angka kematiannya rendah, tidak memerlukan waktu yang lama, cukup tiga sampai empat bulan serta banyak dikomsumsi orang karena menjadi makanan favorit di beberapa restoran. (Ena)

BACA JUGA: