JAKARTA, GRESNEWS.COM - PT Pertamina (Persero) memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) aman di berbagai daerah selama kegiatan arus mudik dan balik Lebaran. Bahkan Pertamina juga telah mengantisipasi kemungkinan kasus terjebaknya kendaraan saat terjadi kemacetan. Hal tersebut telah diantisipasi dengan pembentukan satuan tugas yang melibatkan awak mobil tangki (AMT) dan juga satgas motor suplai BBM.

Disebutkan hingga hari Senin (19/6), telah disiapkan 1.203 personil AMT yang akan bertugas di TBBM Jakarta Group Plumpang. Jumlah tersebut melebihi kebutuhan normal harian sebanyak 1.190 orang. Bahkan sebagai penyokong, juga telah disiapkan 200 orang AMT Sipil dan TNI & Polri, serta telah disiapkan strategi alih suplai antar TBBM agar ketersediaan BBM bagi masyarakat aman terpenuhi.

Selain itu juga telah disebar satgas motor suplai BBM di 49 titik, di antaranya 38 titik di jalur utara dan 11 titik di jalur selatan. Motor suplai BBM tersebut akan membawa kemasan BBK Pertamax, Pertamina Dex, serta Dexlite masing-masing 1 liter dan 10 liter. Namun, khusus di jalur tol hanya disediakan kemasan 10 liter.

"Yang disediakan hanya Pertamax, Dexlite, dan Pertamina Dex. Tujuannya agar masyarakat bisa mengetahui keunggulan Pertamax. Sedangkan untuk Premium tidak bisa (dilayani) karena termasuk barang subdisi sehingga menyangkut kebijakan pemerintah," kata Area Manager Communications & Relations PT Pertamina Jawa Bagian Tengah & DIY, Andar Titi Lestari, seperti dikutip bumn.go.id.

Disamping itu, Pertamina juga telah menyiapkan sembilan mobile fuel dispencer dan 25 KiosK (Kios Kemasan) Pertamax yang terbagi menjadi 12 KiosK di jalur reguler dan 13 di jalur tol. Salah satunya terdapat di rest area KM 49 ruas Tol Bawen-Salatiga. (rm)

BACA JUGA: