Suasana pemilihan daerah (pilkada) DKI Jakarta semakin memanas. Isu dan fitnah bertebaran salah satunya menerpa salah satu kandidat calon pilkada DKI, Anies Baswedan. Seorang ibu peserta pengajian di Cilincing, Jakarta Utara, menanyakan isu calon gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan adalah penganut syiah, komunis, Jaringan Islam Liberal (JIL) dan juga telah kawin untuk kedua kalinya.

Dengan tegas, Cagub nomor urut 3 menjelaskan jika dirinya bukan seorang syiah. Saat itu Anies telah menyampaikan visi dan misinya pada pengajian warga di Kompleks Green Garden Blok B 16, Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (3/12/2016). Seorang ibu kemudian bertanya kepadanya soal isu yang didengarnya jika Anies penganut Syi´ah.

"Pak, saya itu sebetulnya simpati sudah lama dengan bapak. Tapi teman-teman saya bilang kalau bapak itu Syi´ah. Nah itu benar enggak, Pak? Kalau saya sudah dengar dari bapak langsung saya bisa jelaskan langsung ke mereka nanti," tanya seorang ibu ke Anies.

Anies tegas menerangkan jika dirinya bukan seorang Syi´ah. Isu tersebut hanyalah isu yang digunakan untuk memfitnahnya di masa Pilgub DKI. Dia menegaskan jika dirinya adalah penganut ahlussunnah wal jamaah.

"Saya Aswaja, ahlussunnah wal jamaah," jelasnya.

Anies meminta masyarakat yang mendengarkan isu tersebut untuk membantu meluruskan. Tanggung jawab untuk membuktikan tuduhan dikatakan Anies, ada pada orang yang menuduh, bukan tertuduh.

Cagub nomor urut 3 itu juga menyebutkan jika banyaknya isu miring terkait dirinya disaat Pilgub DKI saat ini. Isu tersebut di antaranya adalah yang menuduhnya komunis, Jaringan Islam Liberal (JIL), dan kawin lagi. Dengan tegas dia menjelaskan bahwa isu tersebut adalah fitnah.

"Tidak pernah, saya tidak pernah menjadi seorang komunis," tegasnya.

"Soal JIL, cara membuktikannya gampang. Ada buku 50 tokoh Islam liberal. Dan dicari nama Anies Baswedan enggak akan ketemu karena saya bukan JIL," tegasnya lagi.

Dia juga menegaskan jika dirinya tidak pernah menikah selain isterinya saat ini. "Kawin lagi, saya pengen tahu yang mana nih isterinya," katanya mengklarifikasi soal isu kawin lagi. Anies mengaku selalu memaafkan dan mendoakan orang yang memfitnahnya. (mfb/dtc)

BACA JUGA: