Menjelang peringatan Hari Buruh, 1 Mei, sejumlah organisasi buruh berencana menggelar aksi unjukrasa yang dihadiri 10 ribu buruh. Untuk merapatkan persiapan aksi itu sejumlah anggota konvergensi buruh melakukan rapat persiapan di kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.

Menurut Ketua Umum Konvergensi Buruh Indonesia, Ilhamsyah, aksi buruh pada 1 Mei itu mengambil tema Gerakan Buruh untuk Rakyat. Mereka akan menyampaikan tuntutan kepada Presiden Joko Widodo terkait upah yang dinilai masih jauh dari layak.

"Setiap tahun buruh berjuang untuk menuntut hak. Buruh terus bergerak, kami mengambil momentum untuk melakukan mobilisasi. Dalam May Day, seluruh problem yang muncul dari pemerintah sekarang akan kita perjuangkan bersama. Terutama soal upah," ujar Ilhamsyah di kantor LBH, Jakarta Pusat, Selasa (25/4).

Ilhamsyah menyebut, Paket ekonomi Jokowi yang digelorakan untuk meningkatkan investasi, ternyata menyebabkan penyempitan ruang demokrasi dan merampas upah buruh.

Direktur LBH Jakarta Alghiffari Aqsa mengaku mengapresiasi langkah yang akan dilakukan oleh Konvergensi Buruh Indonesia. LBH juga siap menyediakan bantuan hukum.

"LBH mengapresiasi gerakan yang dilakukan dengan damai ini. Tim LBH akan mendampingi di tanggal 1 Mei mendatang dan menjadi kuasa hukum," kata Alghiffari.(dtc/rm)

BACA JUGA: