JAKARTA, GRESNEWS.COM - PT Pertamina (Persero) memperkirakan beberapa jenis bahan bakar minyak dan LPG akan mengalami peningkatan kebutuhan selama Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1438H/2017M

Seperti tahun-tahun sebelumnya konsumsi BBM akan meningkat sekitar 15 persen sedangkan LPG untuk rumah tangga diperkirakan meningkat sekitar 8 persen. Mengantisipasi meningkatnya kebutuhan itu Pertamina akan menambah pasokan LPG ke masyarakat.

Menurut Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution PT Pertamina (Persero), Gigih Wahyu Hari Irianto, LPG merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan masyarakat terutama saat bulan Ramadhan dan lebaran, konsumsi LPG cenderung alami peningkatan.

"Konsumsi LPG bagi rumah tangga kami perkirakan akan meningkat sebesar 8 persen saat puasa dan lebaran, karena itu kita telah siapkan berbagai skenario terkait pasokan LPG ini untuk mengatasi peningkatan kebutuhan tersebut," ujar Gigih, saat Konferensi Pers Posko Nasional ESDM menyambut Ramadhan dan Idul Fitri, kemarin, seperti dikutip esdm.go.id.

Gigih mengatakan, yang paling krusial dari LPG adalah penjualan di outletnya atau ditingkat pengecernya. Rantai distribusi LPG relative panjang untuk itu, sebagai langkah antisipasi Pertamina akan menambah pasokan LPG ke pasar agar dapat menghindari kelangkaan akibat hirarki distribusi.

Menurutnya sekarang saja konsumsi LPG sudah meningkat. Namun ia percaya dengan tambahan pasokan LPG kebutuhan LPG masyarakat dapat terpenuhi. "Saya yakin LPG ini bisa diamankan dengan baik," tuturnya.

Selain itu sebagai langkah antisipatif menghindari kelangkaan di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, Pertamina juga menyiagakan Pangkalan dan Pengecer Siaga LPG 2017 yang akan beroperasi secara penuh, diharapkan dengan petugas-petugas siaga ini maka kelangkaan LPG tidak lagi terulang. (rm)

BACA JUGA: