JAKARTA, GRESNEWS.COM - Penumpang mudik dengan menggunakan moda transportasi kereta api selama lebaran tahun ini meningkat 5 persen dibandingkan tahun lalu. Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Prasetyo Boeditjahjono, mengunjungi Stasiun Besar Purwokerto untuk mengecek seluruh kesiapan sarana dan prasarana di Daop 5 Purwokerto, Selasa (27/6).

"Posisi sudah H2+1 masih separuh lagi, makanya harus tetap dicek dan ricek baik sarana, prasarana maupun SDM-nya. Masinisnya, awak sarana perkeretaapian, termasuk krunya," kata Prasetyo.

Dijelaskannya, kenaikan penumpang rata-rata terjadi sekitar 5 persen dibanding tahun lalu selama priode angkutan lebaran ini. "Kira-kira prediksinya 6 juta penumpang. Ini sudah separuhnya laporan sementara mudik dan balik," ujarnya.

Menurut dia, meskipun semua sudah berjalan dengan baik dan lancar, namun semua mempunyai kewajiban untuk tetap mengingatkan terkait pelayanan dan keselamatan penumpang.

"Teman-teman di Daop ini sudah bekerja maksimal, memang tetap harus diingatkan baik pelayanan dan pentingnya keselamatan itu nomor satu. Pak Menteri Perhubungan juga berkali-kali mengingatkan, keselamatan tidak ada toleransi," jelasnya.

Prasetyo juga melakukan pengecekan di seluruh Daop di pulau Jawa. Perjalanannya sudah mulai dilakukan sejak dari Merak-Cirebon, Cirebon-Semarang, Semarang-Purwokerto. Setelah dari Purwokerta, dia melanjutkan perjalanan menuju Surabaya.

"Nanti Purwokerto- Jogja, Solo, Madiun, Surabaya, nanti sampai Banyuwangi. Dalam perjalanan kita juga minta masukan dari penumpang terkait pelayanan," ucapnya. (dtc/mag)

BACA JUGA: