Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memperingatkan adanya serangan Ransomeware Wannacry terhadap jaringan komputer pribadi maupun lembaga. Ia juga mengungkapkan serangan itu tidak saja menyerang Indonesia, tetapi juga menyerang seluruh dunia.

"Hitungannya bukan hari tapi menit," kata Rudiantara pada Konferensi Pers Serangan Ransomeware Wannacry, di Bakoel Koffie, Jakarta, Minggu (14/5).

Menurut Menkominfo, saat ini banyak engineer dunia mencoba mencari cara menyelesaikan serangan ini dengan membuat antivirus. "Serangan ransomeware ini menjadi isu global, sehingga penyelesaiannya juga secara internasional. Indonesia bukan menjadi negara terbesar yang terkena serangan," tandasnya.

Dijelaskan Adi Jaelani dari Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (Id-SIRTII), Ransomware Wannacry menyerang dalam lingkup global baik kepada sektor swasta maupun pemerintah. Malware ini teridentifikasi sebagai varian ransomware yang dikenal sebagai WannaCry, Wanna Decrypt0r, WannaCryptor, WCRY.

"Jika telah terkena malware ini, maka penyerang akan meminta uang dalam bentuk bitcoin yang harus dibayarkan melalui link yang telah ditentukan. Kisaran nilai tebusan yang dibayarkan sekitar 300 dollar Amerika," ujar Adi seperti dikutip setkab.go.id.                                                        

Saat malware ini menyerang satu komputer, maka akan dengan cepat menyerang komputer yang lainnya yang berada dalam satu jaringan.
Untuk itu ada memberikan tip cara melindungi jaringan komputer dari serangan ini,  yalni;

1. Melakukan backup secara berkala

2. Melakukan patching pada service SMBv1 (sudah tersedia 2 bulan yang lalu)

Berikut link untuk update patch tersebut

https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx

3. Jangan membuka file yeng mencurigakan dari email

4. Install anti virus dan Internet Security

Jika sudah terkena WannaCry maka berikut adalah tindakan yang sebaiknya dilakukan:

1. Disable SMBv1

2. Block 139/445 & 3389 Ports

3. Melakukan patching pada service SMBv1

4. Bisa coba kunjungi situs ini untuk pertolongan pertama

https://www.nomoreransom.org/crypto-sheriff.php

Menkominfo menyerukan semua pihak melakukan langkah antisipasi terhadap serangan ini. Pihaknya juga meminta masyarakat melakukan langkah-langkah pencegahan serangan Ransomare WannaCry seperti dijelaskan Id-SIRTII.  (rm)

BACA JUGA: