JAKARTA, GRESNEWS.COM - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dipastikan gagal mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Timur melalui jalur Partai Demokrat. Pasalnya Desk Pilkada DPD Partai Demokrat telah menutup pendaftaran bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur, Senin (31/7) pukul 17.00.

Demokrat pun menutup peluang pendaftaran bagi Khofifah Indar Parawansa karena hingga pukul 17.00 WIB belum ada konfirmasi dari timnya. "Pendaftaran resmi kami tutup. Sampai pukul 5 sore tidak ada telepon lagi, maka kami tutup," kata Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Timur Renville Antonio di kantor DPD Jatim, Jalan Kertajaya, Surabaya, Senin (31/7).

Pendaftaran sekaligus penyerahan persyaratan bakal cagub-cawagub Jatim di DPD PD Jatim dibuka mulai 12 Juli lalu dan berakhir pada 31 Juli 2017. Ada lima bakal cagub yang sudah mengambil formulir dan menyerahkan persyaratannya. Mereka adalah Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Nurhayati Assegaf (anggota DPR Fraksi Demokrat), Nurwiyatno (Kepala Inspektorat Provinsi Jawa Timur), La Nyalla M Mattalitti (Ketua Kadin Jatim), dan Kombes Pol Syafiin (berdinas di Divkum Mabes Polri). "Semuanya sudah melengkapi berkas-berkas persyaratannya," tutur Renville.

Renville, yang juga anggota DPRD Jatim, mengatakan calon yang persyaratannya belum lengkap masih diberi kesempatan. Demokrat memberikan waktu selama seminggu untuk calon melengkapi persyaratan. "Kita berikan waktu seminggu lagi untuk melengkapi yang kurang. Bukan penambahan waktu pendaftaran, karena sudah kita tutup sore ini," ujar Renville.

Ketika ditanya soal peluang Khofifah mendaftar bakal cagub Jatim dari pihaknya, Demokrat tampaknya sudah menutup pintu. Renville mengatakan pendaftaran tidak bisa diperpanjang.

"Saya rasa, kami sudah tidak menerima pendaftaran. Kita tidak bisa seenaknya memperpanjang pendaftaran, karena pengumuman pendaftaran kita sampaikan ke masyarakat umum secara terbuka," katanya.

Renville mengatakan tim dari Khofifah menghubungi desk pilkada Demokrat semalam, Minggu (30/7). Tim Khofifah menghubungi pihaknya untuk menanyakan waktu penutupan pendaftaran.

"Saya sampaikan, tanggal 31 Juli sore atau paling lambat malam. Kami mohon konfirmasinya di pagi hari, karena kalau pertama mendaftar kan biasanya membawa pendukung banyak. Sampai sore hari ini belum ada komunikasi dengan timnya lagi," ucap Renville sambil menegaskan bahwa pintu pendaftaran juga ditutup bagi calon lain. (dtc/mag)

BACA JUGA: