JAKARTA, GRESNEWS.COM - Dipastikan Partai Banteng Moncong Puting PDIP batal mengusung
Ridwan Kamil sebagai Calon Gubernur pada Pilkada Jabar 2018. PDIP dipastikan akan menjagokan calonnya sendiri yakni pasangan Tubagus Hasanuddin dan Mantan Kapolda Jawa Barat Anton Charliyan.

Gelagat itu ditandai kehadiran Tubagus Hasanuddin dan Anton Charliyan ke Markas DPP PDIP di Lenteng Agung bersamaan rencana Ketua Umum PDIP Megawati Sukarno Putri yang akan mengumumkan pencalonan PDIP di Pilkada sejulah daerah, hari Minggu ini.

Disisi lain, bakal calon gubernur Ridwan Kamil yang sehari sebelumnya dikabarkan akan diusung PDIP, menjelang pengumumannya para kandidat kepala daerah oleh PDIP, Ridwan justru memposting di instagramnya gambar dirinya berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum yang mengindikasikan ia tak akan didukung PDIP.

Serta seolah hal itu menjawab teka teki calon yang akan diusung PDIP di Pilgub Jabar, bukanlah Ridwan Kamil, meski sehari sebelumnya sempat dikabarkan PDIP akan mengusung wali kota Bandung tersebut.

"Bukan, bukan (Ridwan Kamil)," ujar Sekretaris DPD PDIP Jabar Abdy Yuhana saat dihubungi melalui telepon.

Keterangan Abdy ini berbeda dengan keterangannya kemarin. Sebelumnya ia mengaku telah memperoleh informasi dari sejumlah pengurus meski belum resmi, PDIP telah memutuskan mengusung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar.

"Saya mendengar informasi dari beberapa pengurus, dari grup pengurus juga, rapat DPP semalam (Jumat malam) melalui Andreas Pareira,(memutuskan) PDIP membangun koalisi mendukung Ridwan Kamil sebagai Cagub. Keputusan resminya nanti akan diumumkan tanggal 7 Januari oleh Ibu Mega di Jakarta," kata Abdy kemarin.

Ia menyebut pasca silaturahmi Ridwan Kamil ke DPP, kecenderungan PDIP mendukung Ridwan Kamil. "Awalnya kan PDIP hampir merekomendasikan Dedi Mulyadi dan Anton, namun dinamika politik cepat, finalnya ya tadi malam itu, DPP melalui Andreas memutuskan mendukung Ridwan Kamil," ujarnya.

Namun hanya dalam hitungan sehari, keputusan PDIP kembali beruba condong akan mengusung calon pilihannnya sendiri tidak bersama dengan koalisi partai partai lainnya.

Bahkan pasangan yang nampak hadir dilokasi acara Ketua Umum PDIP Akan mengumumkan sejumlah calon kepala daerah sejumlah daerah adalah adalah pasangan Tb Hasanudin dan Mantan Kapolda Jabar Anton Charliyan. Bahkan kedua pasangan calon tersebut telah mengenakan busana yang mencolok dari busana yang dipakai tamu lain, berupa beskap lengkap dengan blangkon khas Sunda. (dtc/rm)

BACA JUGA: