JAKARTA, GRESNEWS.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyarankan kepala desa agar mengoptimalisasikan dana desa untuk pembangunan infrastruktur jaringan internet, khususnya melalui Program Kementerian Kominfo yaitu Desa Broadband Terpadu. Tujuan penyediaan akses internet ini untuk mensejahterakan masyarakat desa  dengan memasarkan produknya melalui jaringan internet.

"Banyak sekali informasi yang bisa disampaikan dan sebarkan seperti informasi-informasi positif. Selain itu, adanya produk-produk lokal Tasikmalaya seperti membuat olahan susu ataupun hasil peternakan maupun hasil pertanian hingga promosi pariwisata lokal bisa dipasarkan melalui media sosial," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatia R. Niken Widiastuti dihadapan 351 kepala desa di Kabupaten Tasikmalaya saat sosialisasi 3 tahun pemerintahan Jokowi-JK di di Gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (10/12)

Namun demikian ia mengingatkan bahwa banyak informasi yang disebarkan melalui internet tidak selalu berupa informasi positif. Kepala desa juga diminta untuk lebih berhati-hati dan waspada menggunakan sosial media karena sejumlah oknum kerap menyebarkan hal-hal negatif seperti hoaks hingga ujaran kebencian. Untuk itu para kepala desa diminta untuk memberikan literasi digital kepada masyarakat bahwa menggunakan internet khususnya penggunaan media sosial lebih diharapkan untuk hal-hal positif,” katanya dalam Pembukaan Sosialisasi di Gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (10/12/2017) pagi.

"Bapak/ibu juga perlu berhati-hati karena banyak aliran yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD melalui media sosial tersebut,” ujarnya, seperti dikutip kominfo.go.id.

Acara Sosialisasi 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK dengan tema “Membangun Desa, Desa Membangun” juga dihadiri beberapa pejabat antara lain Bupati Kab. Tasikmalaya, Direktur Pengolahan dan Penyediaan Informasi, Direktur BP3TI, Ketua DPRD Kab. Tasikmalaya, Staf Khusus Kantor Staf Presiden dan  disaksikan  oleh 351 tamu undangan Kepala Desa sekitar Kab. Tasikmalaya. (rm)

BACA JUGA: