JAKARTA, GRESNEWS.COM - TNI Angkatan Laut  berhasil membawa pulang 39 Nelayan asal Aceh yang ditangkap tentara Angkatan Laut India sejak 30 Oktober lalu. Pembebasan anak buah kapal KM Sinar Bahagia ini lakukan setelah TNI AL melakukan diplomasi dengan angkatan laut India.

Kepulangan nelayan ini ke Banda Aceh mendapat pengawalan dari sejumlah prajurit TNI AL. Kapal yang ditumpangi para nelayan ini merapat di TPI Lampulo Banda Aceh pada Minggu (5/11/2017). Para nelayan ini diizinkan pulang untuk membongkar ikan yang sudah sekitar seminggu berada di kapal.

"Setelah bongkar ikan, lima orang perwakilan nelayan akan kembali ke Sabang untuk proses pengurusan izin dokumen kapal," kata Sertu Nanang prajurit TNI AL yang ikut mengawal kepulangan para nelayan.

Nahkoda kapal KM Sinar Bahagia, Sofyan Nurdin, menceritakan kejadian penangkapan kapal mereka oleh otoritas India berawal dari kerusakan kapal berukuran 120 GT jenis kapal tangkap ikan. Kapal nelayan yang berangkat dari Lampulo, Banda Aceh itu mengalami kerusakan pada bagian baling-baling akibat tersangkut sampah. Pada saat berupaya melepas sampah-sampah itulah, kapal mereka hanyut terbawa arus ke India.

Kerusakan kapal terjadi pada hari kedelapan mereka setelah mereka melaut. Usai keluar dari wilayah Indonesia, kapal mereka akhirnya ditangkap oleh otoritas India.

"Kami ditahan selama dua malam. Kami mendapat diperlakukan dengan baik dan tidak mendapatkan kekerasan," ujar Sofyan kepada wartawan.

Para nelayan yang berangkat dari Lampulo, Banda Aceh ini berhasil dipulangkan ke Indonesia setelah dilakukan diplomasi dengan Angkatan Laut India. Kebetulan, saat itu Kapal TNI AL KRI IBL-383 sedang melaksanakan latihan bersama patroli terkoordinasi India Indonesia (Latma Patkor Indindo) dengan Angkatan Laut India.

Setelah dilakukan diplomasi, kapal nelayan yang ditangkap pada 30 Oktober lalu itu akhirnya dapat dipulangkan. Saat memasuki perairan Indonesia, kapal nelayan tersebut dikawal oleh KRI Kelabang-826 yang sedang melaksanakan Operasi di ZEE Indonesia.

Sebelum dibawa pulang ke Banda Aceh, para nelayan ini terlebih dulu singgah di Sabang sejak Jumat (3/11). Begitu sampai mereka juga diperiksa kesehatan oleh tim medis TNI AL. (dtc/rm)

BACA JUGA: