Kendali pemilihan presiden masih dua tahun lagi, lima partai sudah menyatakan dukungan pada Presiden Joko Widodo. Yaitu dari Golkar, NasDem, PPP, Hanura, dan Perindo. Perlu ada pesaing Jokowi, calon alternatif yang memiliki ide dan terobosan baru hingga menarik masyarakat.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai saat ini hanya sosok Jokowi yang paling dominan di antara semua calon yang akan diusung. "Saya tidak mau vulgar mengatakannya tapi afiliasi politik itu dalam politik berubah adalah hak parpol untuk mengambil sikap untuk menentukan di mana mereka berdiri. Sepertinya sejak awal Pak Jokowi diantara semua calon yang menonjol dan paling dominan," ujar Fahri di Kediaman Idrus Marham, Jakarta, Minggu (6/8).

Sebab itu, Fahri menilai wajar jika Perindo juga mengikut langkah partai politik lain yang mendukung Jokowi sebagai Capres 2019. Menurut Fahri, partai politik lain harus mempersiapkan calon alternatif untuk menjadi pesaing Jokowi.

"Bisa enggak jadi pesaing Pak Jokowi ya. Bawa ide baru apa, Pak Jokowi sudah kelihatan bangun sana bangun sini, sekarang mau datang apa idenya," ujarnya.

"Kalau tidak kuat ya mendingan Pak Jokowi, kecuali yang baru datang dengan ide yang kontras, yang nampak begitu. Kalau tidak bisa tak terbendung, kalau apa lawannya itu tidak kelihatan yang memadai itu yang membuat parpol mendukung Pak Jokowi. Pertanyaannya alternatifnya bawa ide apa, perbedaan apa, itu yang ingin peruncing gitu lho supaya rakyat punya pilihan yang memadai jangan kemudian rakyat tidak mempunyai pilihan karena elit tidak berdebat," lanjut Fahri.

Gerindra mengisyaratkan Prabowo maju sebagai Capres 2019. Menurut Fahri, saat ini Prabowo tak boleh terdiam dan harus mengkritik pemerintah Jokowi-JK. Sehingga masyarakat mengetahui ada calon lain yang sebagai lawan Jokowi di Pilpres.

"Ya itu Pak Prabowo harus lebih tajam, dan harus sering tajam. Biar publik bisa lihat bedanya, sebab kalau Pak Prabowo banyak diam publik akan melihat sama saja. Ini Pak Probowo harus lebih kritik konstruksi pemikiran harus dibangun," ucap Fahri. (dtc/mfb)

BACA JUGA: