JAKARTA, GRESNEWS.COM - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berencana mengusung nama Walikota Bandung Ridwan Kamil dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah jawa Barat tahun 2018. "Ada kemungkinan kita kesana (mengusung Ridwan Kamil)," kata Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar seusai Harlah ke 19 PKB di Komplek DPR, Senayan, Jakarta, Sabtu (22/7).

Muhaimin menyebut PKB tengah menjalin komunikasi yang intensif dengan Ridwan Kamil. Namun dia menegaskan kepastian tersebut belum final. "Tapi belum final ya," tambah Muhaimin.

Hal itu berbeda untuk pilkada di dua daerah yang lain yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di dua daerah tersebut PKB telah memastikan calon yang diusung dalam mengarungi Pilkada 2018. "Jatim kita dengan Saefullah Yusuf, Jabar kita sedang komunikasikan," ucapnya.

Sebelumnya, PKB terus melakukan komunikasi politik untuk berkoalisi pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah tahun 2018 mendatang. Sosok yang diusung tetap mantan Menteri Desa, Marwan Jafar, dengan tagline ´Jateng Guyub´.

Sebelumnya, lembaga survei Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei terkini elektabilitas bakal cagub di Pilgub Jabar 2018. Wali kota Bandung Ridwan Kamil alias Kang Emil tetap aman di posisi pertama dan nama Agus Yudhoyono mencuat dalam bursa cagub Jabar kali ini.

Survei digelar pada tanggal 15-18 Juli 2017 dengan populasi seluruh warga Jabar yang memiliki hak pilih. Sampel diambil sebanyak 600 responden dengan margin of error -/+ 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden dipilih secara acak atau random.

Hasilnya, berdasarkan elektabilitas Ridwan Kamil masih unggul dengan perolehan suara 23,7 persen dan ditempel ketat wagub Jabar Deddy Mizwar di angka 15,3 persen. Sedangkan, Agus yang baru muncul dalam bursa, menyeruduk di posisi 5 dengan perolehan suara 6,3 persen.

"Data sementara ini menunjukkan bahwa sementara Ridwan Kamil unggul, meskipun angka elektabilitasnya relatif stagnan, serta ditempel ketat oleh Deddy Mizwar," ujar direktur eksekutif Median Rico Marbun dalam keterangannya, Sabtu (22/7).

Sedangkan berdasarkan popularitas bakal cagub Jabar, Deddy Mizwar ditempel ketat ulama Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dengan perolehan suara berturut-turut 92,8 persen dan 91,4 persen. Sementara, Agus di posisi 6 dengan perolehan suara 70,3 persen. Hasil ini dibandingkan dengan survei Median bulan April lalu.

Berikut 10 besar elektablitas bakal cagub Jabar berdasarkan hasil survei Median:

1. Ridwan Kamil 23,7 persen
2. Deddy Mizwar 15,3 persen
3. Dedi Mulyadi 7,8 persen
4. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) 7,7 persen
5. Agus Yudhoyono 6,3 persen
6. Dede Yusuf 6,2 persen
7. Rieke Diah Pitaloka 3,5 persen
8. Uu Ruzhanul Ulum 2,8 persen
9. Haris Yuliana 1,2 persen
10. Puti Guntur 0,8 persen. (dtc/mag)

BACA JUGA: