JAKARTA, GRESNEWS.COM - Puluhan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jambi melarikan diri bersamaan dengan jebolnya tembok penjara akibat banjir. Dilaporkan setidaknya ada 76 narapidana kabur dengan memanfaatkan situasi tersebut.

Diketahui hujan deras yang mengguyur Kota Jambi menyebabkan banjir di sejumlah titik. Luapan air yang meningkat bahkan menjebol dinding Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jambi, telah dimanfaatkan sejumlah narapida untuk melarikan diri. Petugas saat ini masih melakukan pengejaran terhadap napi yang kabur.

"Benar kejadiannya pagi tadi, jadi kondisinya di Jambi itu hujan deras, dinding blok lapas bersebelahan dengan sungai yang meluap hingga akhirnya membuat dinding lapas jebol dan banjir," ujar Kasubag Publikasi Ditjen PAS, Syarpani saat dikonfirmasi, Rabu (14/6).

Syarpani menduga, karena tembok lapas dalam kondisi jebol hal itu dijadikan kesempatan bagi sejumlah narapidana untuk kabur. Informasi yang diperoleh pihaknya hujan deras pada Rabu pagi itu ketinggian airnya sempat mencapai sebatas leher orang dewasa.

"Data sementara, sebanyak 76 napi kabur sesaat dinding lapas yang jebol karena banjir," ujarnya.

Namun dari jumlah itu  13 orang berhasil tertangkap kembali, 1 orang menyerahkan diri. "Jadi sampai pagi ini diperkirakan 52 napi masih belum tertangkap," jelasnya.(dtc/rm)

BACA JUGA: