Partai NasDem menyerahkan nama cawagub kepada Ridwan Kamil yang telah diusung sebagai Cagub Jabar di Pemilu 2018 mendatang. Hingga saat ini, ada tiga syarat yang diajukan NasDem pada pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Syarat pertama adalah Kang Emil diminta untuk menjadikan Jawa Barat sebagai penguatan ideologi Pancasila. Kedua, tidak perlu menjadi anggota partai. Dan yang ketiga adalah memberi dukungan kepada Jokowi di Pilpres 2019.

"Pada Ridwan kita bilang, jadilah sahabat, menjadi milik seluruh partai-partai politik. Menjadi milik masyarakat Jawa Barat," kata Paloh di sela-sela Rakorsus NasDem di Mercure Hotel, Jakarta Utara, Minggu (21/5).

Paloh menyebut itu merupakan bagian dari pendidikan politik yang dipegang oleh NasDem. Dia menegaskan NasDem tidak meminta mahar politik.

"Tidak mesti mencalonkan seseorang kemudian dia meminta imbalannya. Harus apa, dapat apa, kemudian setor berapa. Capek kita sudah negeri ini," ujarnya.

Selain NasDem, hingga saat ini belum ada partai lagi yang mendeklarasikan dukungan kepada Emil. Meski demikian, Paloh yakin Emil mendapat tambahan suntikan dukungan.

"Apes bener dia kalau enggak dapat partai-partai pendukung hahaha. Tapi saya yakin dan percaya dia Insyaallah dapat dukungan besar dari partai-partai," tutup Paloh.  (dtc/mfb)

BACA JUGA: