KPK Dalami Peran Setya Novanto

Selasa, 01 Agustus 2017, 11:30:08 WIB - Peristiwa

Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto (tengah) disaksikaan Wakil Ketua Dewan Kehormatan Golkar Akbar Tanjung (kanan) dan Ketua Harian DPP Golkar Nurdin Halid (kiri) seusai melakukan pertemuan di kediaman Ketua Dewan Kehormatan Golkar BJ Habibie di Jakarta, Senin (24/7). Pertemuan Setya Novanto beserta jajaran pimpinan DPP Golkar dengan BJ Habibie itu membahas situasi yang terjadi di Golkar serta kasus hukum yang menjeratnya. (ANTARA)

Penyidik KPK memanggil kakak Andi Agustinus alias Andi Narogong, Dedi Priyono untuk diperiksa sebagai saksi untuk Setya Novanto. Rupanya penyidik KPK ingin menggali peran Setya Novanto dalam kasus korupsi pengadaan proyek e-KTP.

'Dedi Priyono diperiksa atas tersangka SN (Setya Novanto),' ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Selasa (1/8).

Dedi sudah terlihat berada di lobi KPK sekitar pukul 09.40 WIB. Dedi yang mengenakan kemeja batik warna hijau lumut itu kemudian beranjak menuju ke ruang pemeriksaan sekitar pukul 10.00 WIB.

Terakhir, Dedi telah dicegah bepergian ke luar negeri, berbarengan dengan adiknya, Vidi Gunawan. Kedua saudara Andi ini dicegah sejak 5 Juli lalu.



Nama Dedi juga muncul dalam surat tuntutan Irman dan Sugiharto sebagai anggota Konsorsium Fatmawati. Ia satu tim dengan Andi Narogong dan Vidi Gunawan.

Dalam sidang e-KTP 10 April, Dedi mengungkap pertemuan di rumah Andi di Kemang Pratama, Bekasi yang diikuti sejumlah perusahaan dalam konsorsium peserta lelang proyek e-KTP. Dugaannya, perwakilan konsorsium datang ke rumah Andi terkait permintaan bagi-bagi pekerjaan.

Dedi juga mengaku pernah diutus Andi bertemu dengan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) ditjen Dukcapil Sugiharto untuk membicarakan soal keinginan Andi ikut proyek e-KTP.

Sebelumnya KPK menggeledah kediaman saksi kasus dugaan korupsi e-KTP, Irvanto Hendra Pambudi yang merupakan keponakan Ketua DPR Setyo Novanto. Penggeledahan itu terkait kasus yang menjerat Novanto.

'Kamis, 27 Juli 2017 penyidik melalukan penggeledahan di rumah saksi Irvanto Hendra Pambudi di Kompleks Kelapa Hijau, Jagakarsa, Jakarta Selatan,' kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Jumat (28/7).

KPK mengamankan sejumlah barang bukti dari penggeledahan itu. Di antaranya ada sejumlah dokumen. 'Dari penggeledahan disita sejumlah dokumen dan barang bukti elektronik,' tutur Febri.

KPK terakhir kali mencegah Irvanto ke luar negeri pada Senin (24/7) lalu. Pencegahan ini dilakukan untuk pemeriksaan e-KTP atas tersangka Setya Novanto.

Sebelumnya, Irvanto pernah menjadi saksi dalam proses penyidikan untuk tersangka Andi Narogong serta proses pengadilan dengan terdakwa Irman dan Sugiharto.(dtc/mfb)

Komentar