Polisi sudah memeriksa pengemudi mobil yang membawa Setya Novanto hingga mengalami kecelakaan. Polisi menyebut pengemudi mobil itu seorang wartawan.

"Pengemudi mobil Fortuner, Saudara Hilman Matauch SAB, wartawan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra dalam keterangannya, Jumat (17/11).

Halim menyebut ada 3 orang di dalam mobil, yaitu Setya Novanto, Reza, dan Hilman. Selain memeriksa Hilman, polisi memeriksa 3 saksi lainnya.

Saat itu, menurut Halim, mobil tersebut menuju kantor Metro TV. Halim mengatakan Novanto akan menjadi narasumber dalam salah satu program TV.

"Menuju ke kantor Metro TV di mana Saudara SN akan menjadi narasumber dalam program ´Prime Time News´," kata Halim. Hingga kini pihak Metro TV belum merespons terkait hal tersebut.

Halim mengatakan Hilman mengaku saat itu kurang berkonsentrasi sehingga terjadilah kecelakaan itu. "Pengemudi kurang konsentrasi, sedang menerima telepon, ngobrol dengan korban, lelah kurang tidur," sebut Halim.

Polisi juga telah memeriksa tiga saksi yang mengaku melihat peristiwa kecelakaan tersebut. Saksi pertama bernama Suwadi. Dia mengaku mendengar benturan dari jarak 30 meter.

"Ia kemudian mendekat ke TKP (tempat kejadian perkara). Didapati mobil Fortuner B-1732-ZLO menabrak tiang listrik. Kondisi jalan beraspal, cuaca hujan gerimis, dan lampu penerangan jalan menyala," ucap Halim.

Kemudian, saksi kedua bernama Akrom. Dia disebut sedang menunggu penumpang dan melihat kejadian itu dari jarak 5 meter. Dalam jarak 5 meter melihat mobil menikung menabrak pohon, kemudian menabrak tiang listrik.

Lalu, saksi terakhir bernama Arafik, selaku petugas derek. Dia mengaku melihat posisi mobil menempel di tiang listrik. Saksi melihat kerusakan mobil pada bagian kap mobil penyok, roda depan pelek pecah dan rusak, kaca samping kiri bagian tengah pecah. Posisi kendaraan menghadap ke utara dengan ketiga ban di atas trotoar dan ban kiri belakang masih di aspal.

Sementara itu, Novanto saat ini masih berada di RS Medika Permata Hijau, Jakarta Selatan. Sedangkan tim KPK sudah berada di RS itu sejak semalam.

Dokter KPK pun telah bertemu dengan dokter RS Medika yang merawat Novanto. Namun hingga saat ini belum ada keterangan resmi seperti apa kondisi Novanto. (dtc/mfb)

BACA JUGA: