Kekerasan di lingkungan dunia pendidikan kembali terjadi. Kali tiga mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) meninggal dunia setelah mengikuti latihan pendidikan dasar (diksar) The Great Camping (TGC) di lereng selatan Gunung Lawu, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Ketiga mahasiswa itu tewas secara tidak wajar. Tim internal UII melakukan investigasi kejadian itu menemukan dugaan adanya tindakan kekerasan terhadap korban. Mereka yang meninggal adalah Muhammad Fadli (19) dari jurusan Teknik Elektro angkatan 2015, Syaits Asyam (19) dari Teknik Industri, dan Ilham Nurpadmy Listia Adi dari Fakultas Hukum angkatan 2015.

Dalam rilisnya Tim Investigasi internal UII menjelaskan bahwa ada temuan awal dan perkembangan investigasi kegiatan The Great Camping (TGC) yang dilakukan pada 13-20 Januari 2017.

Tim  telah bekerja sejak 21 Januari 2017, lanjut Harsoyo,memperoleh  dugaan adanya kekerasan yang dilakukan oknum tertentu selama pelaksanaan kegiatan TGC. Temuan itu didasari pengakuan peserta yang tidak mau disebutkan identitasnya.

Hingga saat  ini tim masih terus bekerja dan mencari fakta serta informasi untuk menguatkan dugaan tersebut. "Apabila terbukti, pihak yang melakukan kekerasan akan ditindak tegas sesuai dengan aturan kedisiplinan mahasiswa yang berlaku di UII," tulis rilis tersebut. (rm/dtc)

BACA JUGA: