KPK Minta Tambah Pegawai

Kamis, 17 Agustus 2017, 11:00:00 WIB - Peristiwa

Aksi dukung KPK (ANTARA)

JAKARTA, GRESNEWS.COM - Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) meminta penambahan sumber daya manusia dan fasilitas untuk memperkuat lembaga antirasuah itu. Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, pegawai KPK seharusnya berjumlah 8.000 orang.

"Kalian tahu di Malaysia itu 2.900 pegawainya penduduknya 30 juta. Punya gedung 4 blok 20 lantai. KPK baru 1 blok 15 lantai. Bagaimana kamu bisa bersihkan negara ini?," kata Saut kepada wartawan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (16/8).

Soal penambahan SDM, Saut punya alasan jelas. Ini karena kasus yang ditangani KPK juga banyak. Contohnya saja Papua yang disebut Saut ada 7 ribu surat aduan.

"Bukan sedikit kalau kita mau dalamin. Tapi memang saat ini kita masih sebegitulah, pajak kita masih segitu. Ngejar Rp2 ribu triliun belum masuk. Contohnya kita juga kan masuk, kamu kan lihat sendiri kami juga bertemu Sri Mulyani, Bea Cukai," ujarnya.

Saat ini pegawai KPK disebut Saut hanya sekitar 1.500 orang saja. Namun, KPK tetap mengutamakan kerja nyata dengan masuk ke program-program pemerintah untuk meningkatkan indeks persepsi korupsi. Di antaranya juga soal penataan aset perintah.

"Kita di KPK diminta, saya kan sekarang ngamen-ngamen ke daerah itu kan kemarin saya ada di Cirebon ngamen, cerita aset di DKI, di Medan juga aset PT (perseroan terbatas) perusahaan BUMN yang masih tertinggal, kita membantu di situ," pungkasnya. (dtc/mag)

Komentar