Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) memperluas titik pencarian pesawat milik Polri yang hatuh du perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri). Tim gabungan pun mengerahkan belasan kapal untuk fokus dalam pencarian.

"Hari ini kita akan melakukan pencarian unsur SAR gabungan di area seluas 200 nautical miles square. Pencarian dilakukan unsur laut maupun udara," kata Kepala Basarnas Marsdya TNI FH Bambang Soelistyo di kantornya, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (4/12).

Soelistyo menyebut ada 15 kapal laut yang dikerahkan untuk pencarian pesawat tipe M28 jenis Skytruck buatan Polandia itu. Selain itu, pencarian juga dibantu dari pemantauan udara. "Untuk laut, 15 kapal kita operasikan, 5 kapal Basarnas, 4 kapal TNI AL, 4 kapal Polair, 1 kapal KNKT, 1 kapal Bea Cukai," ucap Soelistyo.

Kemudian untuk pencarian via udara, Soelistyo menyebut helikopter Basarnas ikut dikerahkan. Selain itu, ada pula 5 orang penyelam yang juga ikut dalam tim.

Pesawat milik Polri tersebut hilang kontak pada Sabtu (3/12) pagi. Pesawat yang pernah dioperasikan saat misi kemanusiaan bencana Tsunami Aceh itu mengangkut 13 orang polisi. Tiga di antaranya adalah pilot. (mag/dtc)

BACA JUGA: