Deklarasi Dukung Ridwan Kamil, Nasdem Ajak Partai Lain

Minggu, 19 Maret 2017, 10:18:38 WIB - Peristiwa

Walikota Bandung Ridwan Kamil (ANTARA)

Partai NasDem mendeklarasikan dukungannya untuk Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat. Dan hari ini, Minggu (19/3), deklarasi dukungan itu dilaksanakan di Monumen Bandung Lautan Api di Tegalega, Bandung. Meski begitu, Nasdem tak bisa melenggang sendirian mendukung Emil--panggilan akrab Ridwan Kamil.

Jumlah kursi NasDem masih jauh dari kata cukup untuk mencalonkan Emil menjadi Jawa Barat 1. Karena itu, NasDem pun mengajak beberapa partai lain untuk berkoalisi.

'Kita sebagai partai yang baru ikut Pemilu 2014 lalu, suara NasDem cukup lumayan lah,' kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa, Minggu (19/3).

Dia menjelaskan, NasDem punya lima kursi di DPRD Jawa Barat. Padahal syarat minimum untuk mengusung calon di Pilgub Jabar 2018 adalah 20 kursi. 'Butuh 15 kursi lagi,' tuturnya.

NasDem kini juga mulai mengajak partai-partai lain berkoalisi. Mereka mulai membangun komunikasi dengan Partai Hanura yang sefraksi di DPRD Jawa Barat. PAN diajak pula. Bila Hanura dan PAN bersedia masuk barisan, maka jumlahnya sudah 12. 'Ditambah lagi nanti ada PKB dan PPP, akan coba kita ajak diskusi. Maka nanti menjadi 27 kursi,' tutur Saan. (mag/dtc)

Komentar