Baru pertama kali saya menerima jawaban tertulis dari pejabat publik di negeri ini yang bersedia menanggapi surat pembaca yang saya tulis dan kirim ke puluhan media mengenai isi surat saya yang memohon penjelasan terhadap sebuah surat tembusan yang saya terima yang tidak saya mengerti isinya. Surat ini ditujukan pada Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara dan isi surat sudah saya tanyakan pada staf Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang mana staf ini juga tidak jelas maksud dari surat yang saya terima tembusannya ini sehingga saya mengirimkan surat secara terbuka mohon penjelasan melalui surat pembaca yang dimuat media cetak.
 
Saya ucapkan terima kasih atas tanggapan pejabat publik ini terhadap surat terbuka saya yang dimuat harian Media Indonesia, walaupun jawaban tertulis pejabat publik ini masih ada hal yang mengganjal dalam benak saya.
 
Beberapa kali saya telah membuat surat terbuka dalam bentuk surat pembaca untuk mohon penjelasan kepada beberapa pejabat publik di negeri ini terhadap apa yang telah saya alami selama beperkara melawan Sinar Mas Group, hanya baru kali ini saja saya menerima tanggapan atas surat terbuka saya.
 
Umumnya saya mengirimkan surat terbuka karena saya secara tertulis ke pejabat publik bersangkutan tidak pernah menerima tanggapan sehingga saya buat dan kirimkan surat terbuka mohon penjelasan melalui rubrik surat pembaca di media massa.
 
Saya pernah mengirimkan surat pembaca mohon penjelasan pada yang terhormat Presiden RI mengenai perkara saya yang dicurangi Sinar Mas Group dan dijadikannya saya terpidana oleh pihak Sinar Mas Group serta dihukumnya saya membayar Rp1 miliar ke Sinar Mas Group karena saya tulis apa yang saya alami dalam kasus tanah di ITC Mangga Dua dan saya  juga pernah kirim surat pembaca mohon penjelasan Kapolda Metro Jaya mengenai dihentikannya laporan pengaduan saya atas keterangan palsu karyawan Sinar Mas Group yang mengakibatkan saya dihukum percobaan 1 tahun tapi dua-duanya tidak ada yang menanggapi hanya baru Ketua Mahkamah Agung (MA) RI saja yang bersedia menanggapi surat terbuka saya ini.
 
Ketua MA RI langsung memberikan disposisi untuk menangapi surat terbuka saya dan secara cepat diberikan jawaban pada saya, cuma sampainya surat tanggapan ini ke saya butuh waktu 1 (satu) bulan (tertulis di surat tanggal 23 Mei 2013, saya terima surat tanggapan ini 23 Juni 2013).
 
Saya berharap semua pejabat publik di negeri ini bersedia memberikan penjelasan pada masyarakat yang mohon penjelasan. Jangan jadi pejabat publik  jika tidak bersedia memberikan penjelasan pada masyarakat yang memohon penjelasan karena pejabat publik kerja dibayar oleh masyarakat. Terima kasih.
 
Khoe Seng Seng
ITC Mangga Dua lt 2 blok B 42, Jakarta 14430

DISCLAIMER: Rubrik Sikap dan Opini merupakan wadah yang terbuka bagi pribadi maupun organisasi untuk menyampaikan sudut pandang terhadap sebuah persoalan (siaran pers, somasi terbuka, pernyataan sikap, testimoni, esai, naskah pidato, paparan hasil riset, deklarasi politik, opini hukum, dan sebagainya). Hanya pengirim naskah yang melampirkan identitas dan kontaknya secara jelas yang akan dimuat. Materi naskah sepenuhnya tanggung jawab pengirim dan tidak serta merta merupakan opini dan sikap Redaksi.

BACA JUGA: