OPINI

Posisi SEMA Pembatasan PK dan Putusan MK

Dua putusan itu mengukuhkan kembali putusan MK No. 34/PUU-XI/2013, tanggal 6 Maret 2014 dan menggugurkan dasar hukum Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) No 7 Tahun 2014 yang pada intinya menegaskan bahwa permohonan PK atas dasar ditemukannya bukti baru hanya dapat diajukan satu kali.

Selengkapnya

Pesan untuk Sutradara Isu Komunisme

Sebuah dongeng, ada dua orang anak manusia yang sedang memperebutkan kursi kerajaan. Seperti biasa, seseorang yang mengikuti kontestasi politik akan menggunakan jasa konsultan politik untuk membuat fondasi kampanye. Menariknya, kedua calon pejabat itu, tanpa saling mengetahui, sama-sama menggunakan jasa konsultan yang sama: Tukimin Wijoyo.

Selengkapnya

Kompleksitas Hukum Pidana Kebiri

Meningkatnya kasus kejahatan seksual terhadap anak-anak membuat pemerintah mencari cara agar para pelaku jera. Berdasarkan hasil survei nasional Kekerasan Terhadap Anak (KTA), prevalensi kekerasan seksual terhadap anak umur 18-24 tahun adalah 6,36% laki-laki dan 6,28% perempuan, sedangkan pada umur 13-17 tahun adalah 8,3% laki-laki dan 4,11% perempuan.

Selengkapnya

Memaknai Manuver Tommy Soeharto Jelang Munaslub Golkar

Keputusan politik yang diambil Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) untuk tidak ikut serta dalam kontestasi perebutan kursi ketua umum Partai Golongan Karya (Golkar) pada Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar, menarik untuk ditelaah. Setiap tanda menjadi makna.

Selengkapnya

Indonesia Tanpa HMI

Membayangkan Indonesia tanpa HMI sama dengan membayangkan Indonesia tanpa TNI. Sebab, kedua institusi yang menjadi penopang dari rumah bernama Indonesia ini merupakan dua unsur yang berperan penting dalam sejarah Indonesia, khususnya, peran HMI di masa PKI membayangi perjalanan bangsa ini dan ketika Orde Baru masih merangkak.

Selengkapnya