OPINI

Pesan untuk Sutradara Isu Komunisme

Sebuah dongeng, ada dua orang anak manusia yang sedang memperebutkan kursi kerajaan. Seperti biasa, seseorang yang mengikuti kontestasi politik akan menggunakan jasa konsultan politik untuk membuat fondasi kampanye. Menariknya, kedua calon pejabat itu, tanpa saling mengetahui, sama-sama menggunakan jasa konsultan yang sama: Tukimin Wijoyo.

Selengkapnya

Kompleksitas Hukum Pidana Kebiri

Meningkatnya kasus kejahatan seksual terhadap anak-anak membuat pemerintah mencari cara agar para pelaku jera. Berdasarkan hasil survei nasional Kekerasan Terhadap Anak (KTA), prevalensi kekerasan seksual terhadap anak umur 18-24 tahun adalah 6,36% laki-laki dan 6,28% perempuan, sedangkan pada umur 13-17 tahun adalah 8,3% laki-laki dan 4,11% perempuan.

Selengkapnya

Memaknai Manuver Tommy Soeharto Jelang Munaslub Golkar

Keputusan politik yang diambil Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) untuk tidak ikut serta dalam kontestasi perebutan kursi ketua umum Partai Golongan Karya (Golkar) pada Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar, menarik untuk ditelaah. Setiap tanda menjadi makna.

Selengkapnya

Indonesia Tanpa HMI

Membayangkan Indonesia tanpa HMI sama dengan membayangkan Indonesia tanpa TNI. Sebab, kedua institusi yang menjadi penopang dari rumah bernama Indonesia ini merupakan dua unsur yang berperan penting dalam sejarah Indonesia, khususnya, peran HMI di masa PKI membayangi perjalanan bangsa ini dan ketika Orde Baru masih merangkak.

Selengkapnya

Politik Hukum Revisi UU KPK

Wacana mengubah UU KPK ini kemudian menjadi polemik berkepanjangan. Padahal revisi beleid tersebut, merupakan salah satu RUU prioritas dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Tahun 2016.

Selengkapnya

Parkir Berzona dan Progresif untuk Apa?

Tidak seperti sebelumnya biaya parkir yang akan sama di mana pun dan berapa pun lamanya parkir, dengan parkir berzona dan progresif jumlah ongkos parkir akan ditentukan oleh wilayah dan lamanya parkir yang hitungannya per jam.

Selengkapnya

Awas, Jebakan Revisi UU ITE

Draf pemerintah terkait dengan revisi UU ITE hanya mengurangi ancaman hukuman dalam pasal karet pencemaran nama baik di internet. Artinya, kriminalisasi para pengguna internet masih terbuka lebar. 

Selengkapnya

Deponering dan Kepentingan Umum

Deponering dilakukan untuk kepentingan masyarakat yang luas, yaitu pemberantasan korupsi di Indonesia. Penuntutan terhadap Samad dan Bambang jika diteruskan dikhawatirkan akan memperlemah semangat pemberantasan korupsi.

Selengkapnya