Rencana kenaikan harga BBM ganggu pasokan daging sapi

Minggu, 18 Maret 2012 , 21:21:32 WIB - Korporat

Rencana kenaikan harga BBM ganggu pasokan daging sapi
Daging sapi (Foto:beritajakarta.com)

Jakarta - Rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) per 1 April mendatang berimbas pada terganggunya pasokan daging sapi di Jakarta. Alhasil, hal itu juga diprediksi akan mempengaruhi terhadap naiknya harga daging sapi, khususnya di ibu kota.

Dirut PD Dharma Jaya, M Zainuddin mengatakan, banyaknya permintaan tidak diimbangi persediaan hewan potong sehingga menyebabkan stok daging berkurang cukup drastis. "Pendistribusian daging ke pasar-pasar pada awal bulan nanti diprediksi tidak akan sesuai permintaan pasar dan mengakibatkan naiknya harga daging sapi," ujar Zainuddin, di Jakarta, Minggu (18/3).

Diungkapkan Zainuddin, biasanya, PD Dharma Jaya dapat melakukan pemotongan 3.000 sapi setiap harinya. Namun, saat ini hanya bisa melakukan pemotongan sebanyak 700 sapi per harinya. "Turunnya jumlah sapi yang diipotong karena kurangnya pasokan sapi baik lokal maupun impor," katanya.

Zainuddin menuturkan, sapi potong lokal saat ini masih dalam proses penggemukan selama tiga bulan untuk mencapai standar berat hewan potong yakni diatas 400 kilogram. Sedangkan sapi impor masih terkendala karena pengusaha sapi impor masih menahan impor sapi. "Kami akan tetap mencari alternatif agar kenaikan harga daging sapi tidak drastis," kata Zainuddin, dikutip laman beritajakarta.com.

Redaktur : Oki Baren

Become a fan! Email! Linkedin! Follow us! Youtube! Google Plus! Pinterest!

POLLING

  • UU ITE Hambat Kemerdekaan Berpendapat

    Menurut Anda, apakah UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) menghambat pelaksanaan kemerdekaan berpendapat dan berekspresi di media sosial?


    Ya
    Tidak
    Tidak Tahu

    security image
    Masukan Kode captcha :