Jakarta - Masyarakat diimbau untuk memanfaatkan setiap jengkal lahan dan wilayah perairan agar dioptimalkan pemanfaatannya demi mengejar ketahanan pangan.

"Melalui gerakan ini, meskipun harga pangan naik, setiap rumah tangga di Indonesia diharapkan tetap memiliki kecukupan pangan," papar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, saat mengunjungi kawasan minapolitan dan panen ikan patin di Desa Pudak, Kabupaten Muara Jambi, Provinsi Jambi, Jumat (10/2).

SBY juga meminta kepada seluruh perangkat pemerintah dari Menteri Kelautan dan Perikanan hingga pemerintah desa agar dapat terus memberikan perhatian, membantu dan membina masyarakat agar program ini dapat berjalan di seluruh Indonesia. Yudhoyono menyatakan, budidaya ikan patin di Jambi dapat dijadikan contoh bagi wilayah lainnya agar masyarakat tidak mengalami kesusahan pangan dan kelaparan.

"Saya sudah menikmati olahan dan masakan ikan patin, ada rengginang, ada krupuk dan semuanya joss, semuanya enak, serta yang pasti menyehatkan," kata Yudhoyono, dikutip laman kkp.go.id.

BACA JUGA: