Total US$1,2 miliar, Singapura paling doyan investasi di RI

Senin, 23 April 2012 , 13:21:00 WIB - Korporat

Total US$1,2 miliar, Singapura paling doyan investasi di RI
Singapura (Ist)

Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengungkapkan, Singapura masih memimpin sebagai negara terbanyak menanamkan investasinya di Indonesia sebesar US$1,2 miliar atau Rp10,8 triliun pada triwulan I-2012.

"Dia (Singapura) lebih senang mengambil investasi pada SME (sektor UKM) yang lebih sustainable," kata Kepala BKPM yang juga Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, di gedung BKPM, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (23/4).

Selain itu, total investasi asing lainnya, diantaranya adalah dari Jepang sebesar US$0,6 miliar, Korea Selatan sebesar US$0,5 miliar, British Virgin Island US$0,3 miliar, Belanda US$ 0,3 miliar. Posisi investasi Jepang pada triwulan I-2012 melejit ke atas ke posisi kedua disusul oleh Korea Selatan yang melesat dari posisi sebelumnya.

"Jepang melejit ke atas yang tahun lalu di bawah. Korea selatan juga melejit ke atas yang melesat di posisi ke tiga. Korea Selatan didorong oleh Hankook (produsen ban) yang telah mengembangkan pabrik ban mobil di Jawa Barat juga Posco di Banten (baja) terus Santan di sektor LNG," kata Gita.

Gita juga mengatakan, PMA pada triwulan ini, lebih berminat untuk berinvestasi pada sektor pertambangan yang tercatat sebesar US$1,1 miliar, kemudian diikuti sektor transportasi, gudang dan telekomunikasi sebesar US$0,8 miliar, tanaman pangan dan perkebunan senilai US$0,5 miliar, industri logam dasar, logam, mesin dan eletronik US$0,5 miliar dan alat angkutan dan transportasi lainnya senilai US$0,4 miliar.

Reporter : Bowo Santoso
Redaktur : Oki Baren

Become a fan! Email! Linkedin! Follow us! Youtube! Google Plus! Pinterest!

Terpopuler

  • Pertanian Indonesia Sedang Sakit, Perlu Pemimpin yang Memahami Petani

    Dia mengatakan, kasus impor beras, daging sapi dan bawang merah menggambarkan pertanian Indonesia sedang sakit. Perekonomian lebih mengutamakan kepentingan penguasa dan pengusaha yang mencari untung sesaat daripada petani yang hidup makin melarat.

  • Kasus JIS Bukan Kejahatan Pidana Biasa

    Reza menilai kasus ini sudah menciptakan ketakutan luar biasa di kalangan orang tua dan keluarga. Karena itu, ia berharap aparat penegak hukum juga harus memandang kasus ini sebagai kejahatan yang luar biasa dengan penanganan yang berani dan lebih progresif.

POLLING

  • Wakil Presiden untuk Jokowi

    Siapakah yang menurut Anda akan menjadi calon wakil presiden yang mendampingi Jokowi?


    Jusuf Kalla
    Muhaimin Iskandar
    Mahfud MD
    Hatta Rajasa
    Gita Wirjawan
    Anis Matta
    Dahlan Iskan
    Rhoma Irama
    Pramono Edhie Wibowo
    Tokoh lain

    security image
    Masukan Kode captcha :