Setditjen Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kemsos, Hartono Laras membantah anggapan bahwa pihaknya kurang optimal melakukan imbauan dalam peringatan Hari Pahlawan pada tahun ini.

Jakarta - Kementerian Sosial (Kemsos) mengungkapkan, imbauan untuk mengheningkan cipta selama 60 detik dalam peringatan Hari Pahlawan kali ini di sejumlah titik di ruas jalan protokol di Jakarta sudah maksimal. Namun, kenyataannya di ruas Jl MH Thamrin, tepatnya di bundaran di depan Gedung Bank Indonesia, tak ada satu pun spanduk berisi imbauan tersebut.

Setditjen Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kemsos, Hartono Laras membantah anggapan bahwa pihaknya kurang optimal melakukan imbauan dalam peringatan Hari Pahlawan pada tahun ini. Menurut dia, upaya sosialisasi sudah dilakukan sejak jauh hari. Sosialisasi program itu ditempuh antara lain melalui pengumuman di media massa, surat edaran, dan imbauan terhadap pejabat daerah.

Fakta di lapangan memperlihatkan, tak ada satu pun spanduk imbauan kepada warga Jakarta untuk mengheningkan cipta, pada pukul 08.15 WIB.

Berbeda dengan di Bundaran Patung Api di Jalan Sudirman, sebelum dilakukan aktivitas penghormatan terhadap jasa pahlawan, Polantas melalui pengeras suara mengajak seluruh pengguna kendaraan dan pejalan kaki untuk berhenti sejenak guna mengheningkan cipta selama 60 detik.