Aturan Penghitungan Biaya HGU Perorangan

Rabu, 30 November 2016, 00:00:41 WIB - Konsultasi_Hukum

Seorang pekerja PT. Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Tuban, Jawa Timur, menunjuk lokasi tanah yang akan dimanfaatkan Pertamina untuk pembangunan kilang minyak, Selasa (1/11). Pertamina bekerja sama dengan perusahaan minyak Rusia akan membangun kilang minyak dengan kapasitas 300 ribu barel per hari di atas tanah seluas 400 hektare di Kecamatan Jenu. (ANTARA)

Saya sedang mempelajari tentang Hak Guna Usaha (HGU), dan masuk dalam situs Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan disitu ada cara memperoleh "HGU perorangan". dan ada cara penghitungan perkiraan biaya, apakah benar untuk luas tanah 10.000 meter persegi biaya yang harus dikeluarkan sebesar itu?
saya kurang paham jadi mohon bimbingan dan penjelasannya dari Gresnews.com
terimakasih

Jawab :
Tarif biaya HGU perorangan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2010 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Pertanahan Nasional telah menetapkan untuk luas tanah sampai 10 hektar dikenakan biaya sebagai berikut ;
Tu = ( L / 500 × HSBKu ) + Rp100. 000. Biaya pendaftaran ditetapkan Rp 50.000, sedangkan untuk biaya akomodasi, konsumsi, dan transportasi tetap menjadi kewajiban pemohon HGU dan dalam hal ini jumlahnya tergantung jarak objek tanah tersebut beserta anggota tim pemeriksa.

Patut dipahami pula biaya yang ditetapkan oleh BPN di setiap daerah tidak sama, dikarenakan sesuai Pasal 20 yaitu biaya akomodasi dapat ditetapkan oleh masing-masing kantor administrasi dimana letak objek tanah berada.

Demikian jawaban kami, semoga dapat berguna.

Komentar