JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) dibuka Jumat (1/2)-Jumat (8/2). Peserta diminta berhati-hati dalam memilih program studi yang dituju. Pasalnya, sejumlah program studi memiliki persyaratan tertentu seperti tidak boleh buta warna.

"Para peserta harus membaca ketentuan di universitasnya," kata Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2013, Akhmaloka, di Kemdikbud, Jakarta, seperti dikutip kemdiknas.go.id, Jumat (1/2).

Akhmaloka menambahkan, peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya dua PTN yang diminati. Jika hanya memilih satu PTN maka dapat memilih PTN di provinsi manapun. Namun, jika memilih dua PTN, salah satunya harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya.

´Kadang-kadang semua ingin masuk di universitas papan atas, tapi tentu banyak yang tidak masuk. Padahal jangan sampai ada kesempatan kuliah di perguruan tinggi, tetapi tidak terisi," katanya.

Menurut Akhmaloka, pola seleksi SNMPTN didasarkan atas prestasi siswa di sekolah baik prestasi formal berupa rapor atau prestasi akademik lainnya seperti juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) atau juara olah raga nasional.

Jumlah pendaftar SNMPTN tahun ini diperkirakan meningkat enam kali lipat dibandingkan tahun lalu. Hal ini, karena tidak adanya batasan terhadap akreditasi sekolah seperti pada tahun lalu.


BACA JUGA: