Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso mengatakan 38 orang anggota Polri di Papua diamankan karena terjerat narkoba. Buwas mengatakan, hal tersebut tentunya mencederai institusi tempat mereka bernaung.

"Di Papua ada 38 orang oknum terlibat penyalahgunaan narkoba. 38 orang itu pamen sampai bintara. Itu karena kejujuran kapolda Papua," ujar Buwas di penutupan Sekolah Partai PDIP di Wisma Kinasih, Depok, Jawa Barat, Sabtu (10/9).

Buwas mengatakan penemuan ini merupakan ancaman baru bagi satu Polda. Dia juga mengatakan tak menutup kemungkinan hal tersebut juga ditemukan di polda-polda lainnya, bahkan juga di BNN, selaku lembaga yang dia pimpin.

"Demikian juga di BNN. Saya sudah buat komitmen pakta integritas orang per-orang. Langsung otomatis dipecat dan dikeluarkan. Kemarin ada anggota saya yang narkoba, tidak usah pakai pengadilan, pecat saja," tegas Buwas.

Buwas mengatakan penemuan ini menjadi PR bagi Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk membersihkan institusi yang dipimpinnya. Jangan karena perbuatan segelintir oknum, nama baik sebuah institusi menjadi buruk.

"Jadi ini kerja keras kapolri untuk membersihkan Polri. Karena oknum inilah yang mencederai institusi. Saya tidak tahu data terbanyak di mana (oknum polri terlibat narkoba), tapi ada beberapa tempat, ada penindakan selain di Polda Papua," kata Buwas.

"Kita sudah sampaikan ke kapolri, dan kita juga sudah mengambil langkah itu," tutupnya. (mon/dtc)

BACA JUGA: