INTERNATIONAL Holdings Ltd., salah satu produsen peralatan teknologi Cina, bekerja sama dengan Amazon, mengakuisisi sebuah hak paten yang mencakup teknologi nirkabel. Namun berapa harga hal paten tersebut, kedua perusahaan besar itu enggan memberi komentar.

Namun yang pasti Amazon.com Inc (AMZN) sedang mengembangkan teknologi smartphone untuk menyaingi iPhone Apple Inc (AAPL) dan aplikasi Google Inc sistem operasi Android. Foxconn (GOOG). Untuk melengkapi aplikasi smartphone itu, dibelilah hak paten teknologi nirkabel tersebut.

Dengan hadirnya smartphone, Amazon menambah pilihan gadget murah yang mendukung strategi peningkatan keuntungan. Adapun produk gadget yang digadang murah ini dari jenis smartphone itu adalah digital book, lagu, dan film.

Kehadiran smartphone ini akan membantu Chief Executive Officer Amason Jeff Bezos membuat gebrakan ke pasaran tablet untuk handset nirkabel canggih.

Menurut seorang analis di Citigroup Inc. smartphone ini akan dirilis pada November mendatang. Namun Drew Herdener, juru bicara Amazon, menolak memberikan komentar. sebelum Amazon, ada perusahaan dari Pennsylvania bernama King of Prussia yang juga tertarik membeli hak paten nirkabel dari Interdigital.

King of Prussia, seperti dikutip Bloomberg.com berencana mengakuisisi hak paten tersebut dan dikembangkan, kemudian akan ditawarkan ke Intel Corp. seharga sekitar US$ 375 juta. Mungkin jumlah ini menjadi patokan berapa jumlah duit yang dikeluarkan Amazon dan perusahaan Cina tersebut untuk akuisisi hak paten.

BACA JUGA: