Auckland - Komunitas muslim Selandia Baru akan berkumpul di parlemen Selasa pekan depan (6/8) untuk merayakan Festival Islam Idul Fitri di Banquet Hall di gedung parlemen.

Kegiatan festival akan dipimpin Menteri Urusan Etnis Selandia Baru, Hon Hekia Prata bergabung bersama Menteri Imigrasi, Jonathan Coleman dan anggota parlemen lainnya.

"Ada sekitar 36 ribu muslim di Selandia Baru, kebanyakan berbasis di Auckland dan sebagian berasal keturunan Fiji-India," kata Dr Anwar-ul Ghani, Presiden Federasi Asosiasi Islam Selandia Baru seperti dilansir scoop.co.nz.

Menurut Ghani, selain imigran dari India, Afrika dan Timur Tengah ada sekitar 1.000 warga Maori dan 1.000 warga Pasifik menganut Islam sesuai data sensus penduduk 2006.

Direktur Kantor Urusan Etnis, Mervin Singham mengatakan Idul Fitri adalah kesempatan besar untu mengenali muslim sebagai bagian integral dan dinamis dari masyarakat Selandia Baru.

"Berbagi perayaan seperti Idul Fitri memainkan peran penting dalam membuat Selandia Baru sebagai bangsa yang lebih toleran dan bersemangat," kata Singham.

BACA JUGA: