TATO jangan dibikin di sembarang tempat, kalau tidak ingin bernasib apes seperti warga Iran, usia 21 tahun yang namanya dirahasiakan.

Kesialan itu datang setelah dia mentato penisnya dengan kata-kata memohon keberuntungan, dalam bahasa Iran: borow be salaamat dan huruf M, inisial dari nama pacarnya.

Awalnya biasa saja, beberapa saat kemudian sekian menit kemudian penisnya ereksi. Bukan berlangsung sekian menit atau beberapa jam, tapi ereksi alias ng....g yang dialaminya berlangsung hingga delapan hari.

Barulah di hari kesembilan, pria Iran ini panik dan segera mendatangi dokter untuk ditangani secara medis. Pasalnya, selama ereksi itu dia kesulitan buang air kecil serta mengganggu kenyamanannya menjalani rutinitas sehari-hari.

Kasus ini muncul di Journal of Sexual Medicine yang dikutip abcnews.go.com, yang menyatakan kondisi itu tersebut dinamai priapisme nonischemic. Suatu kondisi akibat ketidakmampuan darah untuk keluar dari penis.

"Dalam kasus tersebut, kemungkinan jarum tato menembus penis terlalu dalam sehingga terjadi fistula arteriovenosa," kata penulis studi dari Universitas Kermanshah of Medical Sciences di Kermanshah, Iran.

Fistula, tulis jurnal tersebut, hubungan antara dua organ atau pembuluh, dalam hal ini arteri dan pembuluh darah yang biasanya tidak terhubung.

Ereksi normal
Selama ereksi normal, darah mengalir masuk ke dalam penis melalui arteri untuk menekan terjadinya pembesaran pembuluh darah. Namun dalam kasus priapism nonischemic, darah terus masuk lebih cepat dan bertahan dalam waktu lama sehingga terjadi ereksi permanen.

Setelah dilakukan pembedahan kecil, penis pria tersebut kembali normal. Namun dia mengaku tidak menyesali perbuatannya meski sempat tersiksa selama delapan hari akibat ereksi permanen.

"Berdasarkan kasus unik ini, kami mencegah dilakukannya tato di penis," tulis jurnal tersebut.

BACA JUGA: