JAKARTA, GRESNEWS.COM - Asisten Deputi Regional dan Sub Regional Kementerian Koordinator Perekonomian Rizal Edwin memastikan pada tahun 2015 Indonesia siap menghadapi bergulirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Rizal menjelaskan, hingga saat ini Indonesia sudah melakukan berbagai langkah penting dalam rangka mempersiapkan diri menyambut pembentukan MEA.

Pernyataan Rizal tersebut didukung dengan aksi nyata pemerintah pada bulan Agustus 2014 yang berhasil membuat cetak biru (blue print) MEA ditingkat nasional. "Kesiapan cetak biru MEA untuk Indonesia sendiri sejauh ini sudah mencapai 85,5 % sementara ketentuan scorecard rata-rata ASEAN dalam pencapaian MEA adalah 82,1%. Artinya kita sudah siap terjun ke MEA," kata Rizal di Gedung Nusantara Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (16/12).

Menurut Rizal, selain cetak biru MEA, Indonesia juga telah meratifikasi 115 perjanjian dari total 138 perjanjian ekonomi ASEAN yang meliputi bidang perdagangan barang dan jasa serta investasi. Saat ini, lanjut Rizal, Indonesia sedang dalam proses untuk meratifikasi 23 perjanjian terkait perdagangan jasa.

Persiapan Indonesia tidak hanya sampai disitu, Rizal menambahkan, Indonesia juga telah menggalakkan 43 proyek infrastruktur dan logistik melalui program MP3EI serta sistem logistik nasional. "Proyek-proyek tersebut sudah termasuk dengan pembangunan rel kereta api di 5 pulau besar dan sistem transportasi masal di 6 kota besar Indonesia," papar Rizal.

Tidak tanggung-tanggung, untuk menunjukan keseriusan Indonesia, pemerintah berpartisipasi aktif mendorong Maritime Connectivity (MC) melalui pembangunan tol laut dari kawasan barat hingga timur dan meningkatkan kapasitas pelabuhan diseluruh pulau di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Kerjasama ASEAN I Gusti Agung Wesaka Puja meyakini masyarakat Indonesia dan pemerintah akan bergandeng tangan menghadapi pembentukan MEA tahun depan. Untuk itu, dirinya mengajak jajaran pemerintah dengan porsi kerjanya masing-masing mampu konsisten mewujudkan misi khusus Indonesia di regional ASEAN.

"Indonesia harus mampu memanfaatkan integrasi negara-negara di kawasan ASEAN ini. Pembentukan MEA bukan menjadi hal yang perlu dikhawatirkan sebaliknya MEA menyimpan peluang yang dapat dimanfaatkan dan dimenangkan oleh Indonesia," kata Puja.

BACA JUGA: