Jakarta - Para mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Indonesia di Tiongkok (Permit) menggelar pesta olahraga mahasiswa negara-negara ASEAN yang berada di Beijing dan mahasiswa Tiongkok yang diberi nama Beijing Student Sea Games 2012. Pesta olahraga mahasiswa yang dilaksanakan pada 14 April hingga 12 Mei ini, dibuka oleh Dubes RI untuk RRT, Imron Cotan, di kampus University of International Business and Economis (UIBE), Distrik Chaoyang, Beijing, Sabtu (14/4).

"Penyelenggaraan kegiatan olahraga ini merupakan prakarsa yang baik untuk semakin mempererat hubungan generasi muda negara-negara ASEAN dalam sebuah kesatuan komunitas ASEAN di Beijing, RRT," kata Dubes Imron Cotan, sembari tidak lupa mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah RRT atas terselenggaranya acara tersebut.

Menurut Dubes, ASEAN bukan hanya disatukan oleh kepentingan politik dan ekonomi, namun juga merupakan sebuah komunitas yang mencakup aspek sosial-budaya, termasuk olahraga.

Pembukaan Beijing Student Sea Games 2012 ini juga dihadiri oleh Deputy Chief of Mission Malaysia, serta diplomat Vietnam, Thailand, Kamboja, Filipina, Singapura dan Laos. Selain itu juga tampak Dekan Departemen Internasional UIBE, Prof He Xiangmin, dan Sekretaris Jenderal China-ASEAN Business Center, Xu Ning Ning yang menjadi perwakilan sponsor.

Perhelatan olahraga Beijing Student SEA-Games 2012 yang akan dilaksanakan hingga 12 Mei ini, digelar di berbagai kampus dan tempat olahraga di Beijing, dengan melibatkan sekitar 700 mahasiswa asal Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Kamboja, Filipina, Singapura, Laos dan Myanmar.

Adapun jenis dan cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi atletik, futsal, bulutangkis, tenis, basket, tenis meja, voli, billiar, bowling dan catur.

Kegiatan mahasiswa ini juga mendapat dukungan penuh dari Pemerintah RRT, melalui China-ASEAN Business Center (CABC), ASEAN – China Center (ACC), University of International Business and Economics (UIBE) dan pihak-pihak lainnya.

BACA JUGA: