INTERNASIONAL

Laku Aneh Faksi Abu Sayyaf

Perlakuan berbeda atas WNI ini ditengarai karena faksi yang melakukan penculikan adalah faksi yang berbeda dengan faksi yang menyandera kapal Brahma 12. Mereka diduga dari salah satu faksi kelompok Abu Sayyaf pimpinan Muktadil.

Selengkapnya

Aksi Abu Sayyaf Murni Kriminal

Taufik melanjutkan, kemungkinan kelompok tersebut sudah kehabisan dana untuk membiayai logistik mereka. Jadi apa yang mereka lakukan murni kriminal dengan motif ekonomi dan tidak ada sangkut pautnya dengan urusan agama.

Selengkapnya

Menanti Aksi Tegas Pemerintah di Kasus Kway Fey

Sementara itu, pihak Dewan Perwakilan Rakyat telah menyampaikan dukungannya kepada pemerintah untuk mengambil sikap tegas terhadap China terkait kasus KM Kway Fey 10078 ini. Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq menyatakan, kasus ini merupakan aksi pelanggaran wilayah yang serius.

Selengkapnya

Kasus Kway Fey dan Kedaulatan Laut RI di Natuna

Kasus keterlibatan kapal penjaga pantai (coast guard) China yang berupaya "menyelamatkan" KM Kway Fey 10078 yang kedapatan melakukan aksi pencurian ikan di perairan Natuna, kembali menghidupkan alarm bahaya pemerintah untuk menjaga kawasan tersebut.

Selengkapnya

Menuntaskan Isu Sengketa Batas Maritim

Laut Indonesia sendiri sedikitnya berbatasan dengan 10 negara, dan baru 5 diantaranya yang sudah ada kesepakatan batas kontinen dengan negara-negara tetangga yang diselesaikan secara tegas. Salah satu yang tengah dikebut penyelesaiannya adalah pembahasan masalah batas maritim antara Indonesia dan Vietnam.

Selengkapnya

Saling Gamang Hadapi MEA

Secara umum dalam aspek ekonomi, Ludiro menilai, Indonesia belum siap menghadapi MEA. Posisi Indonesia juga diprediksi minim dalam kaitan penyerapan pasar domestik terhadap produk negara-negara ASEAN.

Selengkapnya