Ilmuwan di Bristol, Inggris, untuk pertama kalinya memamerkan sebuah robot baru yang menggunakan tenaga tak biasa, yaitu, kotoran manusia!

Dalam penjelasannya disebutkan robot yang diberi nama The EcoBot III itu berhasil dihidupkan dari limbah dengan mengubah energi dari limbah kaya nutrisi menjadi listrik.

Proyek ini dikerjakan Laboratorium Robotik Bristol. Mereka berharap robot ini bisa meningkatkan cara pengelolaan limbah dari pembangkit limbah yang hemat biaya energi. Robot ini terbentuk dari baterai yang menghasilkan listrik serta nampan untuk menahan limbah dan bahkan topi perangkap lalat.

Laboratorium Robotik Bristol meyakini ini adalah untuk pertama kalinya ilmuwan mengembangkan robot berbahan bakar kotoran manusia. Mereka bekerja sama dengan sebuah perusahaan saluran pembuangan limbah,
Wessex Water, seperti dilansir bbc.co.uk, yang menyediakan kotoran manusia untuk keperluan pengembangan EcobotIII.

Julian Dennis, yang pertama kali mengeluarkan ide ini, mengatakan pengolahan limbah saat ini menggunakan banyak energi, yang memakan biaya mahal. Tetapi jika ada cara untuk membuat EcoBotIII bekerja dalam skala yang besar, maka pembangkit limbah hanya akan menjalankan listrik dari limbah yang mereka sudah produksi. Hal ini tentu berpotensi menghemat banyak uang.

BACA JUGA: